Pelibatan TNI di Masa Kenormalan Baru Beri Efek Gentar

Jum'at, 05 Juni 2020 - 14:12 WIB
loading...
Pelibatan TNI di Masa Kenormalan Baru Beri Efek Gentar
Babinsa Kelurahan Cilandak Barat dari Koramil 07/Cilandak Kodim 0504 Sertu Eriyanto (kiri) dan Serda Heri P memberikan pembinaan kepada pedagang saat patroli protokol kesehatan di Pasar Mede, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (1/6/2020).Foto/SINDOnews/Isra
A A A
JAKARTA - Pelibatan TNI -Polri untuk pendisplinan di masa kenormalan baru menuai pro dan kontra karena dianggap berlebihan. Di sisi lain, keberadaan militer dinilai untuk memberikan efek gentar kepada masyarakat.

Dosen Universitas Padjadjaran (Unpad) Muradi mengatakan, keberadaan TNI-Polri itu penting untuk membuat masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan. Menurutnya, ada kultur ngeyelan di masyarakat. Itu tidak bisa hanya diimbau atau ditegur oleh Satpol Pamong Praja (PP).

"Operasi militer selain perang bukan sesuatu yang enggak ada. (Pemerintah) ingin keberadaan Polisi dan TNI dalam penanganan bencana ada di garda terdepan. Sejauh mana terlibat? (seperti) Ada imbauan. Pendekatan (mereka) berseragam dan berwibawa punya efek gentar," ujarnya dalam diskusi daring dengan Tema Pelibatan TNI-Polri Dalam Proses Transisi Menuju Normal Baru, Kamis (5/6/2020) malam.

Muradi menerangkan, jika sudah dirasakan cukup upaya pendisiplinan ini, TNI kembali lagi ke tugasnya seperti biasa. Pelibatan TNI seharusnya tidak dipermasalahkan karena sejak awal militer sudah 'bercokol' di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Memang bedanya, kali ini TNI akan ditempatkan langsung di ruang publik dan berhadapan langsung dengan masyarakat. Pemerintah sepertinya akan menerapkan tiga pendekatan sekaligus, yakni kesehatan, ekonomi, dan keamanan dalam kenormalan baru ini. (Baca Juga: Babinsa TNI AD Patroli Protokol Kesehatan di Pasar Mede Cilandak).

Karena vaksin belum ditemukan, pemerintah secara perlahan ingin membuka aktivitas ekonomi. Namun, ini membutuhkan kedisiplinan dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Jika itu tidak berjalan, kasus orang terpapar Covid-19 bisa meningkat tajam.

Maka, pemerintah menambahkan pendekatan keamanan dengan melibatkan TNI sebagai bentuk antisipasi. "New normal plus militer, ini perlu hati-hati," ucap Muradi. ( ).

Dia mengungkapkan ada enam alasan pelibatan TNI-Polri dalam penanganan Covid-19 dan kenormalan baru. Enam alasan itu adalah untuk kedisiplinan dan ketegasan, efek gentar, efek jera, penguatan kultur kenormalan baru, pembatasan pergerakan publik, dan penegakan hukum.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)