Asa Ekonomi Bangkit dari Pandemi

Senin, 16 Agustus 2021 - 13:02 WIB
loading...
A A A
Ada dua pertanyaan penting. Bagaimana menyikapi perubahan tersebut dan apakah perubahan tersebut sifatnya permanen? Penyikapan terhadap perubahan tentu membutuhkan strategi yang sinkron. Artinya, satu sektor tumbuh sangat tinggi, perlu dikorelasikan dengan sektorsektor usaha lain yang menghasilkan dampak terhadap serapan kerja dan output ekonomi. Masalah ini sudah lama didiskusikan oleh beragam pakar ekonomi, interkonektivitas antarsektor adalah hal yang penting. Misalnya sektor e-commerce naik pesat, tapi tidak dibarengi dengan naiknya output industri, produk impornya melonjak. Atau fenomena kenaikan penyaluran pinjaman online dimanfaatkan lebih banyak untuk aktivitas konsumsi.

Keterkaitan antarsektor pertanian dan digital pun relatif masih rendah. Masalah utama di sektor pertanian adalah rantai pasok yang panjang. Beras yang dihasilkan petani sampai ke tangan konsumen bisa melewati 5-7 distributor yang akibatnya petani hanya merasakan sedikit nilai tambah (surplus value).

Digitalisasi idealnya bisa memangkas rantai pasok, tapi perhatian terhadap pengembangan digital di pemasaran produk pertanian tampaknya kurang jadi perhatian. Beberapa pemain startup di pertanian berguguran, kekurangan modal, sulit mendapat pinjaman bank, atau secara bisnis tidak mampu bersaing.

Refleksi Kemerdekaan Indonesia harusnya menyadarkan arah tujuan pembangunan sejak perebutan pabrik-pabrik peninggalan Belanda. Bukan sekadar nasionalisasi. Cita-cita pendiri Republik, khususnya Mohammad Hatta telah memiliki imajinasi jangka panjang untuk transformasi menuju ekonomi berbasis industri yang kuat.

Dalam konteks kemerdekaan Indonesia yang ke-76, maka perjuangan dan perubahan haruslah dimaknai sebagai upaya memulihkan agenda industrialisasi. Bukan saling membenturkan antara digitalisasi dan industrialisasi. Namun, industri yang memproduksi barang harusnya didukung oleh perangkat digital agar produk industri lokal Indonesia semakin dominan. Beberapa studi menunjukkan bahwa hanya 26% produk lokal yang dijual secara online. Sisanya adalah barang-barang impor yang masuk lewat skema cross border, maupun impor lewat pedagang atau seller. Kondisi ini selain menguras devisa, juga membuat deindustrialisasi semakin berjalan.

Porsi industri manufaktur terus turun menjadi kisaran 19% dari saat reformasi mencapai 26%. Hilangnya potensi industri dari perekonomian menciptakan bencana yang tak kalah serius dari pandemi, yakni hilangnya kesempatan kerja di sektor formal. Memang ojek online maupun e-commerce menciptakan peluang kerja, tapi sebagian besar adalah pekerja informal tanpa perlindungan hak pekerja yang memadai. Bahkan lebih buruk lagi, posisinya bukan pekerja melainkan kemitraan dalam kerangka sharing economy.

Problem lain terkait perubahan selama pandemi adalah ketimpangan makin melebar. Bukan saja karena kelas atas lebih baik dalam memitigasi risiko penurunan nilai aset, dan orang miskin makin terjepit karena pandemi. Tapi sekali lagi, digitalisasi bak pisau bermata dua. Data Bank Dunia menyebut, masyarakat Indonesia yang memanfaatkan e-commerce lebih sebagai pembeli ketimbang penjual terutama di desil terbawah. Sebanyak 24% kelas paling atas yang manfaatkan e-commerce sebagai penjual. Sementara hanya 1% kelompok pendapatan paling bawah yang menjadi penjual barang secara online. Gap antara kelas atas yang memiliki akses digital tinggi sehingga bisa lakukan work from home, menjadi content creator dan desainer dibanding kelas bawah yang masih terkendala jaringan internet. Gap itu harus dipersempit.

Asa untuk bangkit dari pandemi membutuhkan dua hal mendasar, yakni mendorong pemulihan ke sektor yang produktif seperti industri manufaktur dan pertanian serta meningkatkan konektivitas antara pengembangan digital dengan industri lokal. Kebangkitan bukan sekadar ekonomi bisa tumbuh tinggi, tapi juga berkualitas. Waktu-waktu krusial ini sangat berharga untuk terus melakukan refleksi, agar mimpi pendiri bangsa yang menginginkan Indonesia lepas dari ketertinggalan makin cepat terwujud. Selamat HUT ke-76 Indonesia!
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4564 seconds (0.1#10.140)