SDGs Kesehatan dan Litbang

Sabtu, 01 April 2023 - 17:17 WIB
loading...
SDGs Kesehatan dan Litbang
Tjandra Yoga Aditama. FOTO/Istimewa
A A A
Tjandra Yoga Aditama

Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI
Mantan Direktur WHO Asia Tenggara
Mantan Dirjen Pengendalian Penyakit dan Kepala Balitbangkes

Dengan makin meredanya pandemi Covid-19, maka dunia kesehatan kembali menengok upaya kesehatan apa saja yang terbengkalai selama ini. Sektor ini juga kembali melihat apa yang perlu ditingkatkan di tahun-tahun mendatang untuk mencapaiSustainable Development Goals (SDGs)bidang kesehatan.

Kita ingat bahwa pada 25 September 2015 lalu Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sudah mengadopsi Resolusi 70/1 yang berjudul “Transforming our world: the 2030 Agenda for Sustainable Development”. Segala perhatian, prioritas dan sumber daya akan di arahkan untuk mencapai terwujudnyagoal-goaldalam hal ini juga akan menjadi arah pembangunan dunia sejak sekarang sampai tahun 2030 mendatang.

SDG terdiri atas 17goal. Masing-masing memiliki sejumlah target dengan berbagai indikator yang ditetapkan. Totalnya, terdapat 169 target dan 230 indikator dalam SDG ini.

Dari 17 goal tersebut,goalketiga secara jelas mengacu pada kesehatan. Goal yang dimaksud adalah “Good Health and Well-Being” dan dalam rinciannya ditulis sebagai “Ensure healthy lives and promote well-being for all at all ages”.

Tentu saja berbagai goal SDG lain juga secara tidak langsung berhubungan dengan kesehatan. Yang hubungannya tampak lebih dekat dengan kesehatan adalah seperti goal nomor satu tentang kemiskinan, goal kedua mengenai kelaparan dan keamanan pangan serta goal keempat tentang pendidikan. Ada pula berbagai goal lain seperti kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, air dan sanitasi, kota dan pemukiman sehat, perubahan iklim (“climate change”).

Sementara itu, ada juga berbagai goal yang lain yang juga sebenarnya tentu berhubungan secara tidak langsung dengan kesehatan dalam berbagai aspek umumnya. Ini antara meliputi goal ketujuh tentang energi, goal kedelapan di bidang pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja, goal kesembilan yang membahas infrastruktur, goal kesepuluh tentang kesenjangan antarnegara dan goal 14 mengenai sumber daya di laut dan samudera.

Target lainnya adalah goal ke-15 yang mencakup ekosistem, hutan dan biodiversitas, goal ke-16 tentang kedamaian dan inklusivitas dalam pembangunan berkelanjutan serta goal ke-17 mengenai kerja sama global.

Penelitian dan Pengembangan
Dalam hal penelitian dan pengembangan (Litbang) kesehatan, point 3.b SDG secara jelas menyebutkan tentang obat dan vaksin, di mana dinyatakan “Support the research and development of vaccines and medicines for the communicable and noncommunicable diseases that primarily affect developing countries, provide access to affordable essential medicines and vaccines.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)