Kegiatan Online Bermanfaat dari Kominfo dan Siberkreasi bersama Ernest Prakasa dan Jefri Nichol

Senin, 02 Agustus 2021 - 16:24 WIB
loading...
A A A
Ia juga memberikan tips menjaga etika dan jejak digital, yaitu dengan mengunggah konten-konten yang positif, berpendapat dan memberi kritik dengan bahasa dan kata-kata yang sopan dan sesuai, serta tidak menyebarkan konten-konten negatif yang dapat merugikan orang lain seperti hoaks dan pornografi.

Bagai pisau bermata dua, kemajuan teknologi dapat memberi kemudahan tetapi juga dapat menjadi penghalang. Respon dan komentar negatif netizen akibat kurangnya etika digital dapat menjadi halangan terbesar bagi seorang penulis atau konten kreator untuk berkarya. Maka Ernest berpesan bahwa kita tidak dapat menyenangkan semua orang dan sebaik serta sehebat apapun kita, komentar negatif akan selalu ada.

“So just do it anyway! Berani mulai berkarya dan mulai berlatih menghadapi masukan dan komentar negatif dari orang lain,” ujarnya.

Jefri Nichol juga berpesan serupa, bahwa tugas anak muda ialah konsisten berkarya dan melakukan apa yang menjadi passion nya, tidak mudah menyerah, serta tidak perlu memperdulikan komentar-komentar negatif dari orang-orang yang tidak memiliki etika digital.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan mengenai kiat menulis kreatif, memberikan kesadaran tentang pentingnya etika digital, serta mendorong masyarakat untuk berani berkarya memproduksi konten positif di ruang digital. Masih ada banyak kegiatan menarik tentang literasi digital dari Kemenkominfo dan Siberkreasi agar masyarakat menjadi #MakinCakapDigital. Untuk mendapatkan informasi dan mengikuti kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya, ikuti akun sosial media @siberkreasi atau mengakses info.siberkreasi.id. cm
(srf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)