Berpuasa Aman dan Sehat di Tengah Wabah

Kamis, 15 April 2021 - 06:01 WIB
loading...
A A A
"Jadi kalau porsi makan sahur yang direkomendasikan adalah 40% dari kebutuhan total harian masing-masing individu. Jika seseorang membutuhkan 1500 kalori per hari, maka yang 40% ini harus terpenuhi saat makan sahur. Nanti disesuaikan, nasinya berapa, lauknya berapa, dan sisanya buah," kata ‎Yohan.

Sementara itu, untuk porsi ideal menu buah-buahan yang direkomendasikan Oganisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam sehari adalah 5 porsi. Sehingga saat makan sahur bisa mengkonsumsi sayur satu porsi dan dilanjutkan dengan hidangan cuci mulut dengan buah. Kemudian, saat berbuka puasa jangan lupa untuk mengkonsumsi buah juga dalam menu sajian takjilnya.

"Kemudian pas buka makan berat pakai sayur lagi, jadi sudah empat porsi. Lalu, malamnya sebelum tidur makan buah lagi bisa terpenuhi lima porsi,"ujarnya.

Namun, hal terpenting menurut Yohan jaga imunitas tubuh dengan cara makan bernutrisi tinggi, banyak minum 8 gelas air putih, dan istirahat yang cukup. Selama daya tahan tubuh kuat, maka tubuh dapat melawan berbagai macam virus atau kuman.

"Jangan lupa untuk tetap berjemur 15 sampai 20 menit antara jam 9 hingga 10 pagi karena tubuh manusia membutuhkan ultraviolet untuk membentuk vitamin D3 dan juga berolahraga di sore hari," tuturnya.

Selain itu, Yohan menyarankan agar memiliki waktu tidur yang cukup yaitu 8 jam sehari. Waktu tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan daya memori serta membuat jantung menjadi lebih fit. Jika memiliki waktu untuk tidur siang, upayakan tidur siang tidak lebih dari 1 jam.

"Kebanyakan para pekerja kantor cenderung memiliki pola tidur yang tidak teratur, seperti sering tidur terlalu malam. Ini bisa mempengaruhi kinerja otak, sebaiknya pola tidur 6 sampai 7 jam untuk menjaga imunitasnya,"katanya.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)