Berpuasa Aman dan Sehat di Tengah Wabah

Kamis, 15 April 2021 - 06:01 WIB
loading...
Berpuasa Aman dan Sehat di Tengah Wabah
Jamaah mengikuti ibadah salat tarawih di masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (12/4/2021). FOTO/YULIANTO
A A A
JAKARTA - Puasa di tengah pandemic Covid-19 menjadi tantangan tersendiri. Dibutuhkan kewaspadaan ekstra agar umat Islam bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk, aman, dan tetap sehat.

Pentingnya kehati-hatian saat menjalankan ibadah puasa telah secara khusus diingatkan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin . Pasalnya, pada momen bulan suci ini ada sejumlah kegiatan yang mengandung kerawanan, mulai dari acara buka bersama hingga salat tarawih berjamaah di masjid. Selain disiplin menjaga protokol kesehatan, selama Ramadan jangan luput mengonsumsi makan bergizi agar tetap segar dan daya imunitas kuat.



Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Hery Trianto menjelaskan, pelaksanaan ibadah di masa pandemi semisal solat taraweh diperbolehkan namun tidak disarankan. Secara spesifik dia menyebut, pelaksanaan ibadah jemaah di masa pandemi diperbolehkan untuk wilayah dengan status zona hijau dan kuning.

“Boleh, tetapi tidak disarankan. Boleh untukndaerah hijau dan kuning,” katanya.

Demi mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, dia pun kembali mengingatkan umat Islam tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sec ara ketat. Dengan demikian, ibadah bisa dilaksanakan dengan khusuk, namun tetap terjaga dari sisi kesehatan.

“Ini (dampak kasus) tentu akan kita lihat dalam beberapa pekan kedepan. Kami berharap prokes tetap harus disiplin dan patuh,” tegasnya.

Dia menjelaskan, penerapan protokol kesehatan yang dijaga dengan ketat akan memperkecil kemungkinan terjadinya penularan. Protokol kesehatan yang dimaksud yaitu dengan mengurangi jumlah jemaah hingga penerapan 5M. “Jumlah jamaah juga dibatasi serta terdiri dari orang orang di satu komunitas,” tukasnya.



Di tahun ini, lanjut dia, ibadah ramadan berlangsung dengan suasana pandemi. Namun yang berbeda kali ini masyarakat sebagian sudah menjalani vaksinasi sehingga mereka merasa lebih bersemangat untuk ibadah jemaah di tempat ibadah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3599 seconds (0.1#10.140)