Menemukan dan Membangun Passion dalam Dunia Profesional

Rabu, 31 Maret 2021 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Namun pertanyaan mendasarnya, apa itu passion? Dia, dalam gambaran saya, adalah suatu hasrat, keinginan, dorongan, yang membuat setiap orang dapat mengeluarkan seluruh pikiran dan kemampuanmu, dan semua itu mereka lakukan dengan gembira. Passion adalah hal yang jika dipikirkan, didiskusikan, dikerjakan, pasti melibatkan emosi dan semangat yang meluap-luap.

Passion, dengan demikian, justru menjadi kunci utama untuk mencapai kesuksesan tertinggi dalam pencapaian hidup manusia. Dan, seringkali kita menyaksikan, kisah-kisah keberhasilan seseorang dalam skala atau level apapun, dalam bidang atau jenis pekerjaan apapun, pada umumnya bersumber pada keberhasilan mencari jawaban atas empat prinsip sukses.

Pendidikan di Indonesia, juga di mana pun di seluruh lembaga pendidikan formal, saya lihat sering kali membuat anak-anak didik menjadi manusia yang seragam. Manusia dengan cita-cita dan tujuan hidup yang sama. Manusia dengan prioritas-prioritas hidup yang mirip. Model pendidikan formal, bahkan sejak pada tingkat dini, sering kali gagal untuk memperkembangkan passion yang dimiliki setiap orang. Bahkan untuk menemukan minat dan kemampuan dari tiap anak didik pun sistem pendidikan belum mampu memberikan jawaban yang memuaskan.

Oleh karena itu tantangan bagi setiap anak muda hari ini adalah membuat dan membuka ruang sebanyak mungkin di luar pendidikan formal, yang mampu menggali dan menemukan apa passion terdalam dalam hidup mereka.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)