Presiden Jokowi: Kita Harus Gerak Cepat Siapkan SDM Kreatif dan Inovatif

Jum'at, 17 Maret 2023 - 17:10 WIB
loading...
Presiden Jokowi: Kita Harus Gerak Cepat Siapkan SDM Kreatif dan Inovatif
Presiden Jokowi saat menyampaikan ucapan selamat atas dies natalis IPDN ke-67, Jumat (17/3/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, Indonesia harus bergerak cepat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kreatif dan inovatif. Hal ini dikatakan Presiden Jokowi saat menyampaikan ucapan selamat atas dies natalis IPDN ke-67, Jumat (17/3/2023).

Karena itu Jokowi berharap, IPDN mampu beradaptasi menguasai ilmu, teknologi terbaru, memiliki kompetensi, dan keahlian baru, untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing.

"IPDN sebagai kampus pencetak pamong praja unggul tidak boleh tertinggal, harus bergerak cepat menyiapkan SDM yang kreatif dan inovatif, yang menguasai keahlian masa depan dan siap bekerja dengan penuh dedikasi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan kelas dunia," tuturnya.

Selain Presiden Jokowi, Ketua DPR dan MPR juga turut mengucapkan selamat atas dies natalis IPDN. Menurut Ketua DPR, Puan Maharani, IPDN memiliki tanggung jawab besar dalam menjadi tempat lahirnya pamong praja yang berkualitas, berdedikasi tinggi untuk menjadi pelayan rakyat.

"Untuk itu IPDN harus senantiasa meningkatkan kualitas para lulusannya," ucap Puan.

Baca juga: Transformasi Struktural dan SDM

Sedangkan Ketua MPR Bambang Soesatyo menyampaikan, dia yakin IPDN terus berproses menjadi perguruan tinggi kepamongprajaan yang dapat menunjang tata kelola pemerintahan kita yang berkelas dunia.

"Semoga IPDN dapat terdepan dalam inovasi, menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme kepamongprajaan yang modern dan berdaya saing unggul dengan berlandaskan semangat kebangsaan dan pengabdian kepada bangsa dan negara," tuturnya.

IPDN Diharapkan Pertajam Misinya

Sementara Mendagri Tito Karnavian berharap, IPDN dapat mempertajam visinya sebagai lembaga pendidikan kedinasan yang mencetak putra-putri bangsa kader aparatur sipil negara calon pemimpin pemerintahan yang memiliki kemampuan penguasaan teknologi informasi, integritas yang tinggi, professional, berjiwa melayani, berwawasan global, inovatif, produktif, dan kompetitif.

"Praja IPDN memiliki kemampuan memanfatkan dan menggunakan teknologi informasi yang semakin berkembang. Untuk itu literasi digital dan literasi data merupakan hal yang wajib dikuasi oleh seluruh praja IPDN agar dapat memperkuat pemerintahan pusat maupun daerah serta memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan government yang lebih efektif dan efisien berkelas dunia," ujar Mendagri.

Sedangkan Wakil Mendagri, John Wempi Wetipo yang hadir secara langsung pada acara puncak dies natalis IPDN, kembali mengingatkan IPDN tentang tujuan awal didirikannya sekolah pamong praja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3125 seconds (0.1#10.140)