Banting Setir Menjadi Youtuber, Mantan Guru Ini Mampu Buka Usaha Sewa Bus Wisata

Rabu, 03 Februari 2021 - 16:20 WIB
loading...
Banting Setir Menjadi Youtuber, Mantan Guru Ini Mampu Buka Usaha Sewa Bus Wisata
Muhammad Abdul Wahid meninggalkan pekerjaannya sebagai guru pada 2015 untuk menjadi youtuber dan kini sudah mampu membuka usaha sewa bus wisata. Foto/tangkapan layar youtube.
A A A
JAKARTA - Punya gelar sarjana pendidikan di bidang Bahasa Indonesia, Muhammad Abdul Wahid mengajar di dua sekolah di Kota Semarang, Jawa Tengah. Sambil mengajar sejak tahun 2012, Mas Wahid-sapaan akrabnya-mulai melirik dunia konten di platform media digital. Dia menjatuhkan pilihan pada pembuatan video di Youtube .

“Waktu itu apa saja. Tahunya Youtuber yang penting bikin konten. Ada kucing nikah, aku rekam. Cewek cantik makan kwaci, aku zoom. Pokoknya, pasti dilihat orang, (ternyata) enggak booming. Akhirnya, kursus dan belajar lagi,” ujarnya saat berbincang dengan SINDOnews, Selasa (2/2/2021).

(Baca: Kasus Eiger, YouTuber Bang Koboi: Sudah Besar Jangan Sombong!)

Setelah merenung dan belajar, pria kelahiran 1988 itu akhirnya memfokus pada konten dengan genre tutorial, mulai dari mengedit video sampai convert MP3. Penontonnya masih sedikit juga. Baru pada konten tentang cara mengurangi jerawat di wajah ada peningkatan penonton dan subscriber. Lonjakan terjadi pada video tutorial mendownload film Fast & Furious 7.

“Kita upload itu seminggu panen. Adsense, viewer, dan subscriber kenceng. Cuma bertahan seminggu, saya dapat teguran copyright dari universal langsung. Wajib take down. Sama ada pengakuan legal, (sudah) aman. Saya sok dan down (waktu itu),” kenangnya.

Dari situ, Wahid memetik pelajaran: tidak bisa lagi hanya mengandalkan suara, tapi dirinya harus tampil juga dalam video. Kena teguran kapok? Tentu tidak. Wahid memanfaatkan pekerjaannya di sebuah travel. Saat itu, dia menangani armada dan pelatihan pada supir.

“Waktu saya ada tugas mengajarkan pengemudi baru. Saya rekam. (Jadi) Tutorial mengemudi manual, ada lima seri. Tayangan itu booming dan subscriber-nya langsung banyak. Ada komentar di situ (video), saya bisa mengemudi hanya dengan menonton video ini. Sampai sekarang video ini masih laris,” tuturnya.

(Baca: Unggah Video Bawa Lamborghini Super Kencang YouTuber Ditilang)

Video seri I ditonton 1,8 juta orang. Mulai saat itu, Wahid meyakinkan bahwa jadi youtuber menjadi jalan hidupnya. Pembuatan video itu pada tahun 2015. Sekarang akun youtube Mas Wahid memiliki 996.000 subscriber dan 638 video. Rata-rata terkait dengan dunia otomotif. Dunia konten memerlukan kreativitas dan inovasi. Tahun itu pula dia meninggalkan pekerjaannya sebagai guru.

Habis satu video, langsung memikirkan mau buat konten apa lagi berikutnya. Wahid pun merasakan hal yang sama. Setelah tutorial cara mengemudi manual, kemudian lahir video cara merawat kendaraan. Bingung, nyaris habis ide. Wahid akhirnya membuat video cara membeli mobil bekas, mulai dari tes drive hingga cek mesin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2225 seconds (0.1#10.140)