Masa Pandemi, Physical Distancing Jadi Momen Rekatkan Hubungan Keluarga

Sabtu, 16 Mei 2020 - 11:02 WIB
loading...
A A A
Dari segi orang tua, berdiam diri di rumah dapat meningkatkan stres. Hal ini diyakini Astrid, lantaran tugas dirumah yang semakin bertambah.

"Awalnya hanya memikirkan belanja, memasak, tetapi sekarang harus mendampingi anak-anak. Seseorang yang ingin mendampingi tentu menjadi stressfull. Apalagi kalau tidak ada yang bisa membantu," paparnya.

Kendati demikian, menjalani physical distancing diperlukan kerja sama dan gotong royong yang baik antara anggota keluarga. Dengan demikian, spirit gotong royong bisa menjadi alternatif mendekatkan hubungan antara anggota keluarga.

Di sisi lain, hikmah yang bisa diambil dari penyebaran virus ini menurut psikolog Meity Arianty adalah masyarakat bisa lebih banyak meluangkan waktu dengan keluarga di rumah, dan bisa berbuat berbagai hal baik, seperti memberikan donasi, membantu pekerja-pekerja di jalanan.

"Di situasi yang seperti kita semua saling bersatu, menjaga keluarga, jadi lebih banyak bersama di rumah, kita diminta untuk saling berbagi lewat doa,"jelas Meity. (Baca juga: Pemerintah Harus Perhatikan Kaum Disabilitas di Tengah Pandemi Corona)

Lebih lanjut, Meity mengungkapkan kalau sisi positif yang diambil adalah keegoisan sebagai manusia berkurang, dan bahkan dihilangkan dengan adanya kasus wabah virus korona ini

Oleh sebab itu, ia berharap kalau masyarakat bisa tetap tenang dan tidak panik meskipun kini tengah menghadapi masalah virus korona yang telah mengintai banyak korban di Indonesia.

"Kita diajak untuk tidak egois dan hanya memikirkan diri sendiri, namun saat ini kita menjaga diri kita, artinya kita menjaga orang lain agar tidak terpapar. Banyak hal yang bisa kita petik agar pikiran kita tetap positif," katanya.

Nilai positif yang ditimbulkan dari pemberlakuan physical distancing dengan lebih dekat kepada anggota keluarga juga dirasakan artis dan juga anggota DPR Komisi X, Eko Patrio. Kini dia lebih sering di rumah dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Hal ini dia lakukan demi mengikuti imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. "Hubungan keluarga menjadi semakin erat karena karantina di rumah saja juga dirasakan pasangan lain di seluruh dunia," tegasnya. ‎
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)