Pemerintah Diminta Terapkan PSBB untuk Zona Merah dan Oranye

loading...
Pemerintah Diminta Terapkan PSBB untuk Zona Merah dan Oranye
PERSI mengusulkan agar pemerintah menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk daerah yang berzona merah dan oranye pandemi Corona. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
JAKARTA - Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) mengusulkan agar pemerintah menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk daerah yang berzona merah dan oranye pandemi virus Corona (Covid-19).

Hal ini disampaikan Sekjen PERSI Lia G Partakusuma saat mengungkapkan beberapa rekomendasi PERSI. Baca juga: Covid-19 Mengganas, Ekonom Sarankan Pemerintah Terapkan PSBB Total

"Kami berharap sebetulnya pemerintah menerapkan PSBB. Terutama untuk daerah merah dan oranye,” katanya dalam acara Temu Media Persi, Minggu (20/6/2021).

Baca juga: Denda Pelanggaran PSBB di DKI Jakarta Capai Rp1 Miliar Lebih



Dia mengungkapkan bahwa PSBB diperlukan karena masih adanya sebagian masyarakat yang tidak patuh menjalankan protokol kesehatan. Menurutnya jika tetap menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro maka perlu sumber daya manusia (SDM) yang tegas.

Baca juga: Masih Ada Kasus Covid-19, Gubernur Banten Putuskan PSBB Tahap Ke-9

"Karena terus terang saja data-data menunjukkan bahwa adakalanya masyarakat ini agak susah diatur untuk yang skala kecil. Skala kecil sangat baik juga. Tetapi butuh adanya SDM di skala kecil yang tegas," ujarnya.

Selain itu Lia juga memberikan rekomendasi agar ada upaya terintegrasi untuk mengurangi penumpukan pasien ke rumah sakit (RS). Salah satunya dengan memperbanyak tempat isolasi mandiri.

"Termasuk menyediakan paket obat standarnya. Kemudian mengoptimalkan puskesmas atau fasilitas pelayanan kesehatan primer untuk merawat pasien gejala ringan,” ungkapnya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top