Bela Negara Bangkit dari Pandemi Covid-19

Sabtu, 19 Desember 2020 - 12:49 WIB
loading...
A A A
Kegentingan Bangsa Indonesia
Sejak bulan Maret 2020 Indonesia dan negara bangsa di dunia dihantam tsunami pandemi coronavirus disease (Covid-19). Virus yang muncul di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China pada November tahun lalu itu nyatanya telah meluluhlantahkan sistem ekonomi berbagai negara. Saat negara lain sudah menghadapi gelombang ketiga pandemi Covid-19, Indonesia belum menandakan lepas untuk mengatasi virus mematikan yang menyerang saluran pernapasan ini. Data terbaru pada Jumat (18/12/2020) ada 6.689 kasus baru dalam sehari. Korban kematian akibat Covid-19 sudah menyentuh 19.514 orang, dengan total 531.995 kasus sejak awal Maret virus ini masuk ke Indonesia.

Belum lagi bicara dampak ekonomi. Data Badan Pusat Statistik jelas menyebutkan pada kuartal III Indonesia resesi dengan pertumbuhan minus 3,49 persen. Boleh saja pemerintahan Jokowi yang mengurusi bidang ekonomi optimis. Faktanya jutaan pengangguran baru terus bertambah. Berbagai sektor industri porak-poranda, mulai properti goyah, pertumbuhan manufaktur anjlok total. Hanya bidang pertanian yang menunjukkan kecenderungan positif.

(Lihat Juga Video: Bangkitkan Ekonomi di Masa Pandemi, Jurnalis Olah Daun Eucalyptus ).

Situasi sulit ini pun ternyata belum cukup menyadarkan seluruh anak bangsa, bahwa saat ini bangsa ini sedang menghadapi "agresi" dalam bentuk lain. Kalau pada 72 tahun lalu Indonesia menghadapi upaya penumpasan tentara Belanda hari ini yang kita hadapi tidak hanya sistem neoliberalisme yang bernama kapitalisme global semata. Tsunami pandemi Covid-19 sangat cukup untuk mengingatkan seluruh elemen bangsa untuk bersatu dalam upaya menekan penyebaran virus yang telah mematikan jutaan umat manusia di dunia.

Kondisi saat ini sepertinya relevan dengan ucapaan Soekarno yang mengatakan "Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri". Bagaimana tidak, tsunami pandemi Covid-19 ternyata belum membuat bangsa ini bersatu. Sehari-hari kita justru dihadapkan dengan rentetan kegaduhan. Mulai saling menyalahkan para elite. Pernyataan politik para elite yang terkesan menyudutkan, dan bermuatan kebencian dan anti kritik.

Kerumunan massa terus bermunculan. Para simpul tokoh yang berlatar belakang agama dan sosial pun ternyata belum menjadi bagian penting dalam proses melepaskan dari pandemi Covid-19. Kondisi semakin parah karena pemerintah lebih mengedepankan pendekatan hukum dalam menekan angka Covid-19. Penangkapan demi penangkapan, penetapan tersangka dan jarak antara pemangku kepentingan dengan masyarakat menjadi menu makanan sehari-hari kita.

Bagaimana Membela Negara?
Momentum bela negara kali ini, haruslah menjadi pengingat bagi seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama lepas dari musibah virus Covid-19. Pandemi ini idealnya memberi hikmah kepada seluruh pemangku kepentingan dan para simpul civil society untuk menghentikan sikap saling menyalahkan dan melontarkan pernyataan provokatif yang memperkeruh suasana. Para pemangku kepentingan mulai Presiden dan para pembantunya harus lebih rajin membangun dialog dengan simpul organisasi masyarakat, partai politik, dan elemen sipil lainnya. Jangan sampai disituasi yang serba sulit ini, yang kentara adalah politisasi Covid-19 menekan kelompok tertentu.

Kebuntuan komunikasi yang terjadi belakangan ini justru menonjol. Aparat penegak hukum sebagai tiang konstitusi haruslah menjalankan fungsinya dengan transparan dan ketat pada sifat profesional. Kecurigaan bahwa aparat penegak hukum seperti Polri menjadi alat politik negara harus benar-benar dijawab dengan kerja konstitusi yang memberikan keadilan bagi seluruh masyarakat.

Tulisan ini ingin memberikan suatu seruan moral bahwa Indonesia tidak boleh terjebak pada seremoni peringatan hari besar satu ke hari besar lainnya. Mungkin saja, Indonesia adalah satu-satunya negara yang memiliki hari perayaan dengan berbagai latar belakang sejarahnya.

Peringatan hari besar seperti Hari Bela Negara yang hari ini kita peringati perlu digelorakan dalam makna sesungguhnya. Meneladani kebesaran jiwa, kecermatan dan kecerdasan para founding fathers dalam menjaga eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Contoh sederhananya tema Hari Bela Negara Tahun 2020 "Semangat Bela Negara Wujudkan SDM Tangguh dan Unggul" harus dihidupkan dalam kerangka sikap dan tindakan oleh segenap tumpah darah bangsa Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2146 seconds (0.1#10.140)