Ketua DPD La Nyalla Teladani Semangat Nommensen dan Sisingamangaraja XII

Jum'at, 18 September 2020 - 13:42 WIB
loading...
Ketua DPD La Nyalla Teladani Semangat Nommensen dan Sisingamangaraja XII
Ketua DPD La Nyalla Mattalitti saat berada di Kompleks Makam Gereja HKBP di Sigumpar, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Foto/dok DPD
A A A
JAKARTA - Makam pemimpin tertinggi atau Eporus pertama Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), IL Nommensen di Kompleks Gereja HKBP di Sigumpar, Kabupaten Toba, menjadi titik kunjungan hari ketiga Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA La Nyalla Mahmud Mattalitti dalam lawatannya ke Sumatera Utara.

Selain ke makam Nommensen, La Nyalla juga mengunjungi makam Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII di Balige, Toba. “Saya meneladani semangatnya. Eporus Nommensen konsisten mengenalkan pentingnya pendidikan, kesehatan dan ketrampilan. Sedangkan Sisingamangaraja XII, semangatnya melawan penjajahan Belanda,” ungkap LaNyalla, Kamis 17 September 2020 sore.

Dalam kunjungannya ke makam tersebut, La Nyalla diterima Eporus HKBP ke-15, Pdt Williem TP Simarmata dan Pdt HKBP Nommensen, Sitorus, serta Bupati Toba Darwin Siagian. Tampak pula hadir sejumlah Kepala Forkompimda Kabupaten Toba. Selain menabur bunga, LaNyalla juga menyerahkan bantuan untuk biaya perawatan makam bersejarah tersebut. (Baca juga: Ahli Epidemi: Sesungguhnya Tak Ada Zona Hijau di Indonesia )

Dalam sambutan penerimaannya, Pdt Willem TP Simarmata mengatakan, sejak adanya makam ini, baru kali pertama ada pejabat tinggi negara yang berkunjung, yaitu ketua dari para senator Indonesia. “Semoga Pak La Nyalla memberi inspirasi bagi para pejabat tinggi negara lainnya untuk datang ke sini, karena ini merupakan kehormatan bagi kami,” ujarnya.

Ditambahkan Willem, Nommensen bukan sekadar tokoh agama, tetapi lebih kepada tokoh yang mengangkat harkat dan martabat masyarakat Batak dari keterbelakangan.

“Sejak kedatangan beliau, masyarakat Batak mengenal pendidikan modern, kesehatan modern dan ketrampilan pertukangan modern,” ungkapnya.

Dr IL Nommensen adalah warga negara Jerman yang datang ke tanah Batak pada tahun 1862, dan memulai misi sosial serta keagamaan hingga meninggal dan dimakamkan di Sigumpar pada tahun 1918. Kini, namanya digunakan sebagai nama lembaga pendidikan Universitas HKBP Nommensen.

Usai mengunjungi makam Nommensen dan Sisingamangaraja XII, La Nyalla yang didampingi sejumlah senator di antaranya Badikenita Sitepu (Sumatera Utara), Fachrul Razi (Aceh), Bustami Zainuddin (Lampung), Wa Ode Rabia Al Adawia (Sulawesi Tenggara) dan Sylviana Murni (DKI Jakarta), menuju rumah dinas Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan di Tarutung.

Dalam rapat kerja dengan bupati dan jajaran Forkompinda Taput, La Nyalla meminta senator asal Sumut dan Ketua Komite III DPD Sylviana Murni yang membidangi urusan pendidikan untuk mengawal aspirasi dari masyarakat Taput, untuk dapat memiliki Universitas Negeri. Sehingga anak muda di Taput tidak harus ke Medan untuk berkuliah di universitas negeri.( ).

Terkait pengembangan pariwisata Geopark Danau Toba yang melibatkan beberapa kabupaten, La Nyalla meminta para bupati menghilangkan ego sektoral. Tetapi mengutamakan kerjasama yang terpadu, yang dikoordinasi oleh Pemerintah Provinsi Sumut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)