Respons Jokowi soal Polemik Paskibraka Lepas Jilbab: Kita Harus Hormati Keberagaman

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 21:22 WIB
loading...
Respons Jokowi soal...
Presiden Jokowi buka suara perihal anggota paskibraka nasional putri yang dipaksa melepas jilbab pada saat pengukuhan, Sabtu (17/8/2024). Foto/SINDOnews/Riyan Rizki
A A A
PENAJAM PASER UTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara perihal anggota paskibraka nasional putri yang dipaksa melepas jilbab pada saat pengukuhan. Jokowi menekankan, semua pihak harus menghormati keberagaman dan kebhinekaan di Indonesia.

"Kita harus menghormati keberagaman, kita harus menghormati kebhinnekaan. Karena negara ini negara besar, sukunya berbeda, ras-nya berbeda, agamanya berbeda, adat istiadatnya berbeda, jadi tidak bisa diseragamkan," kata Jokowi di Kompleks Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

Menurut Jokowi, perbedaan merupakan anugerah yang patut disyukuri oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Keberagaman itu adalah sesuatu kekayaan yang harus kita syukuri untuk persatuan, bukan untuk perbedaan," kata Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengklaim bahwa pihaknya tidak memaksa para Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2024 melepas jilbab ketika pengukuhan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Yudian merespons berkembangnya wacana di publik terkait tuduhan kepada BPIP melakukan pemaksaan lepas jilbab kepada 18 Paskibraka Nasional putri pada saat pengukuhan Paskibraka.

"BPIP menegaskan, tidak melakukan pemaksaan lepas jilbab,” tegasnya dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (14/8/2024).
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)