Survei Rekapol: 46,4 Persen Warga Optimistis Prabowo-Gibran Bawa Pemerintahan Lebih Baik

Senin, 20 Mei 2024 - 20:57 WIB
loading...
Survei Rekapol: 46,4 Persen Warga Optimistis Prabowo-Gibran Bawa Pemerintahan Lebih Baik
Hasil survei yang dilakukan Lembaga Rekapol Research and Consulting menunjukkan bahwa Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menunjukkan hasil positif. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Hasil survei yang dilakukan Lembaga Rekapol Research and Consulting menunjukkan bahwa Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menunjukkan hasil positif. Hal itu terungkap usai survei yang dilakukan pada 16 April-30 April 2024.

Direktur Eksekutif Lembaga Rekapol Research and Consulting Randi S Latulumarmina mengungkapkan survei dilakukan terhadap masyarakat Indonesia dengan rentang usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.



“Pemilihan sampel dilakukan menggunakan metode multistage random, sebanyak 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi, pengambilan data dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen, sementara margin error kurang lebih 2,8 persen," ujar Randi, Senin (20/5/2024).

Sementara itu, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin sebesar 67,4 persen. Jika melihat tren sebelum Pemilu, maka ada tren penurunan.

"Isu lain yang kita potret juga terkait hak angket yang ternyata banyak masyarakat menilai hak angket lebih kental nuansa politik atau sekadar manuver politik," katanya.

Dalam hasilnya, 33,0 persen masyarakat menganggap lebih condong sekadar bermotif manuver politik sementara sebesar 17,1 persen masyarakat setuju untuk hak angket digulirkan guna mengungkap kecurangan Pemilu serentak 2024, sedangkan 49,9 persen menjawab tidak tahu.

Sementara itu, terkait tingkat keyakinan masyarakat terhadap pemerintahan baru yang akan dijalankan Prabowo-Gibran mendapat respons positif. Sebanyak 46,4 persen meyakini bahwa Prabowo-Gibran bisa membawa Indonesia lebih baik ke depannya. Selanjutnya, sebanyak 15,8 persen masih menyatakan ragu-ragu dan 19,5 persen menjawab tidak yakin serta 18,3 persen menjawab tidak tahu.

"Data lain juga menunjukkan bahwa publik berharap agar komposisi kabinet Prabowo-Gibran dapat diisi kader terbaik partai politik sebagaimana hasil survei di mana 21,7 persen publik berharap agar diisi oleh kader terbaik partai politik dan hanya 9,0 persen memilih diisi oleh nonparpol koalisi serta 69,3 persen tidak tahu/tidak menjawab," ujar Randi.

Pengamat politik dan board advisors Arif Nurul Imam menambahkan data ini dapat menjadi kabar baik bagi capres dan cawapres terpilih Prabowo-Gibran. Sebab, tingkat keyakinan masyarakat bahwa Prabowo-Gibran sebanyak 46,4 persen menyatakan optimistis akan mewujudkan pemerintahan yang lebih baik.

"Tentu ini menjadi modal berharga bagi Prabowo-Gibran nanti setelah dilantik, ada kepercayaan dari publik mampu membawa Indonesia lebih baik," katanya.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)
pixels