Hakim Konstitusi Merasa Janggal Tanda Tangan Daftar Hadir di TPS Bangkalan Sama Semua

Senin, 06 Mei 2024 - 18:58 WIB
loading...
Hakim Konstitusi Merasa Janggal Tanda Tangan Daftar Hadir di TPS Bangkalan Sama Semua
Hakim Konstitusi Saldi Isra merasa janggal dengan tanda tangan yang ada dalam daftar hadir pemilih pada salah satu TPS di Kabupaten Bangkalan. Foto/YouTube MK
A A A
JAKARTA - Hakim Konstitusi Saldi Isra merasa janggal dengan tanda tangan yang ada dalam daftar hadir pemilih pada salah satu TPS di Kabupaten Bangkalan. Pasalnya, tanda tangan para pemilih sama semua.

Momen itu bermula kala Saldi meminta penjelasan teekait kemiripan tanda tangan para pemilih di salah satu TPS ke pihak Bawaslu Kabupaten Bangkalan. Saldi pun bertanya terkait adanya laporan soal kemiripan tanda tangan tersebut.

"Ini kalau Anda lihat ya, ini tanda tangannya tuh mirip aja semuanya. Ada laporan ke Bawaslu enggak, ada keberatan tentang ini, enggak?" kata Saldi dalam sidang PHPU Pileg 2024 di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2024).



Saldi pun sedikit berkelakar ihwal kesamaan tanda para pemilih tangan yang ada dalam daftar hadir di TPS. "Atau memang tanda tangan orang Bangkalan mirip-mirip gini semua? Coba jelaskan itu," ucap Saldi diikuti tawa para peserta sidang.

Merespons itu, perwakilan dari Bawaslu Kabupaten Bangkalan mengaku tak menerima laporan terkait kesamaan tanda tangan para pemilih di salah satu TPS tersebut. Ia mengaku, pihaknya hanya memiliki bukti foto form C Hasil di 15 TPS Desa Durin Timur, Bangkalan.

"Mohon izin Yang Mulia. Jadi Bawaslu juga memiliki foto daftar hadir. PTPS kami di 15 TPS di Desa Durin Timur juga memiliki foto C Hasil dan daftar hadir. Kalau berkaitan dengan laporan tidak ada Yang Mulia," katanya.

Merespons itu, Saldi pun bertanya ke Bawaslu Kabupaten Bangkalan ihwal kesamaan tanda tangan dalam daftar hadir tersebut. "Faktanya seperti ini? Mirip-mirip enggak?" kata Saldi.

Lantas, Saldi pun menanyakan ke Bawaslu Kabupaten Bangkalan ihwal pengetahuan petugas pengawas di TPS terkait kesamaan tanda tangan pemilih dalam daftar hadir tersebut. "Ada yang lihat atau enggak, petugas di lapangan?" ucap Saldi.

"Petugas kami pengawas di TPS tentunya mengisi dan melaporkan melalui form pengawasan dan fotonya disertai juga Yang Mulia," ucap pihak Bawaslu Kabupaten Bangkalan.

"Tapi memang begini tandatangan orang di situ semua ya?" tanya Saldi kembali.

"Data yang kami miliki seperti itu," terang Bawaslu Kabupaten Bangkalan.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)