Deretan Pangkostrad Berasal dari Kopassus, Nomor 12 Teman Satu Angkatan Panglima TNI

Sabtu, 23 Desember 2023 - 06:07 WIB
loading...
A A A
Deretan Pangkostrad Berasal dari Kopassus, Nomor 12 Teman Satu Angkatan Panglima TNI

5. Letjen TNI (Purn) Kuntara

Letjen TNI (Purn) Kuntara juga merupakan jebolan Kopassus yang berhasil menduduki jabatan strategis sebagai Pangkostrad. Dia tercatat sebagai Pangkostrad ke-18 yang menjabat selama dua tahun periode 1992 hingga 1994.

Pria kelahiran Cirebon, Jawa Barat pada 1 September 1939 ini mengawali karier militernya sebagai Wadanyonif 733/Masariku. Selanjutnya, dia banyak menghabiskan waktunya mengabdi di Korps Baret Merah.

Kuntara pernah menduduki jabatan Wadanjen Kopassandha kemudian menjadi orang nomor satu di pasukan elite TNI AD tersebut dengan menjabat sebagai Danjen Kopassus. Lama bertugas di Kopassus, Kuntara akhirnya diangkat menjadi Pangkostrad.

Setelah pensiun, Kuntara pernah ditugaskan menjadi Duta Besar (Dubes) RI untuk China pada 1997 hingga 2001. Kuntara meninggal dunia di RSPAD, Gatot Soebroto, Jakarta pada 21 Agustus 2001.

Deretan Pangkostrad Berasal dari Kopassus, Nomor 12 Teman Satu Angkatan Panglima TNI

6. Letjen TNI (Purn) Tarub

Letjen TNI (Purn) Tarub juga merupakan prajurit pasukan elite Kopassus yang mencatatkan namanya sebagai Pangkostrad ke-19. Dia menduduki jabatan tersebut selama setahun sejak 1994-1995.

Pria kelahiran Malang, Jawa Timur pada 10 Juni 1943 ini juga memiliki karier militer yang sangat cemerlang. Berbagai jabatan strategis pernah diembannya mulai dari Aspers Danjen Kopasandha, kemudian Dangrup 3 Kopasandha, selanjutnya Danbrigif Linud 3/Tri Budi Maha Sakti. Dia juga dipercaya memimpin territorial dengan menjabat sebagai Danrem 171/Praja Vira Tama, kemudian, Danrem 172/Praja Wira Yakth

Lulusan Akmil 1965 ini juga pernah dipercaya memimpin Korps Baret Merah Kopassus sebagai Wadanjen Kopassus hingga Danjen Kopassus. Lama bertugas di Kopassus, dia kemudian dipercaya menjadi Pangdam VIII/Trikora, kemudian Pangkostrad dan Kasum TNI.

Setelah pensiun dari tugasnya di militer, jebolan pendidikan Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad), Sesko TNI, dan Lemhannas sempat menjadi Dubes RI untuk China.

Deretan Pangkostrad Berasal dari Kopassus, Nomor 12 Teman Satu Angkatan Panglima TNI

7. Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto

Prabowo Subianto tercatat sebagai Pangkostrad ke-22. Abituren Akmil 1973 ini merupakan menantu dari Presiden ke-2 RI Soeharto. Selama mengabdi di militer, Prabowo banyak menghabiskan waktunya di Korps Baret Merah Kopassus.

Berbagai jabatan yang pernah di embannya yakni, Wadan Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus, Komandan Batalyon Infanteri Linud 328 Kostrad. Prabowo juga pernah menjabat sebagai Wadansat 81/Gultor Kopassus, kemudian Wadanjen Kopassus. Bahkan Prabowo sempat memimpin pasukan elite tersebut sebagai Danjen Kopassus.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)