Deretan Pangkostrad Berasal dari Kopassus, Nomor 12 Teman Satu Angkatan Panglima TNI

Sabtu, 23 Desember 2023 - 06:07 WIB
loading...
A A A
Deretan Pangkostrad Berasal dari Kopassus, Nomor 12 Teman Satu Angkatan Panglima TNI


3. Letjen TNI (Purn) Soegito

Pria kelahiran Yogyakarta, 15 Februari 1938 ini tercatat sebagai Pangkostrad ke-16. Soegito juga merupakan jebolan pasukan elite Kopassus TNI AD.

Lulusan Akmil 1961 ini bisa dikatakan sebagai prajurit Kopassus yang memiliki karier militer cukup cemerlang. Pernah menjabat sebagai Komandan Satgas Nanggala V Kopassandha yang kini bernama Kopassus, Soegito merupakan sosok prajurit Korps Baret Merah yang kenyang dengan pengalaman tempur di medan operasi terutama di Timor Timur.

Berbagai jabatan strategis di tubuh TNI khususnya di Kopassus pernah di embannya. Di antaranya, Danki Yon 2 RPKAD di Magelang, Danki A Yon 1 RPKAD, kemudian menjabat sebagai Pama RPKAD, Wadan Denpur 13 RPKAD, Dandenpur 13 RPKAD.

Selain itu, Wadangrup 3 RPKAD, kemudian Dangrup 1 RPKAD. Lama bertugas di Kopassus, Soegito kemudian ditugaskan menjadi Athan RI Vietnam. Dari situ, dia diangkat menjadi Pangkopur II Kostrad, Pangkopur Linud Kostrad, Pangkoopskam Timor Timur, termasuk menjadi orang nomor satu yang menjaga keamanan Ibu Kota Jakarta dengan menjabat sebagai Pangdam Jaya, sebelum akhirnya diangkat Pangkostrad. Dia mengakhiri pengabdiannya di militer sebagai Aster Kasum ABRI.

Deretan Pangkostrad Berasal dari Kopassus, Nomor 12 Teman Satu Angkatan Panglima TNI

4. Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar

Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar tercatat sebagai Pangkostrad ke-17. Abituren Akmil 1963 dari kesatuan Infanteri Kopassus ini menduduki jabatan strategis tersebut selama dua tahun sejak 1990-1992.

Karier militer pria kelahiran Bondowoso, Jawa Timur 10 Februari 1940 ini terbilang cukup moncer. Berbagai jabatan penting di TNI khususnya di Korps Baret Merah telah diembannya. Antara lain, Danton Kopassandha, kemudian Danwalpri Presiden Soeharto.

Setelah bertugas di lingkaran Istana, Wismoyo kembali ke kesatuannya dengan menjabat sebagai Danki Group 4 Kopassandha, kemudian Danki 5 Group 4 Kopassandha, Waaspam Danjen Kopasandha, Dangrup I Kopassandha, Wadan Kopassandha hingga akhirnya menjadi Danjen Kopassandha.

Lama bertugas di satuan elite TNI AD, Wismoyo kemudian di tugaskan menjadi Kasdam IX/Udayana, Pangdam VIII/Trikora, dan Pangdam IV/Diponegoro. Karier adik ipar Presiden Soeharto ini terus melejit, Wismoyo kemudian diangkat menjadi Pangkostrad, kemudian Wakasad dan puncaknya menjadi KSAD.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)