Ganjar-Mahfud Targetkan Ekonomi Tumbuh 7%, Ini Kata Pengamat

Selasa, 19 Desember 2023 - 09:10 WIB
loading...
A A A
Bhima menyebutkan harmonisasi kebijakan sebagai tantangan dalam upaya menggeber pertumbuhan ekonomi. Tanpa adanya harmonisasi, kebijakan pemerintah akan terlihat saling bertolak belakang.

"Tantangannya adalah tidak adanya harmonisasi arah pembangunan ekonomi ke depan. PLTU Batubara misalnya dibangun masif untuk hilirisasi industri. Sementara investasi ekonomi hijau juga mau masuk. Jadi saling bertabrakan, kontradiktif," katanya.

Karena itu, pemerintah tidak boleh sekadar mencanangkan program. Lebih dari itu, pemerintah harus memiliki komitmen untuk menjalankan program yang sudah diterapkan. Ketidakjelasan sikap pemerintah tentu akan membingungkan investor, dunia usaha, dan publik.

Sebelumnya, capres Ganjar Pranowo menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia naik sebesar 7%. Menurut Ganjar, target tersebut bukan sesuatu yang mustahil atau ambisius. Ganjar meyakini pertumbuhan ekonomi 7% sangat mungkin digapai karena sudah mengantongi peta jalan (road map).

"Banyak yang bilang Ganjar ambisius. Padahal ini sangat mungkin dan saya yakin pasti bisa. Roadmap-nya sudah ada," tegas Ganjar.

Menurut mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu, apabila pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak mencapai 7%, maka negara ini akan masuk dalam jebakan middle income trap. Jika itu terjadi, maka bukan bonus demografi yang terjadi melainkan malapetaka demografi.

"Maka kita harus berjuang untuk mewujudkan itu. Effort-nya memang tidak boleh biasa-biasa saja," ujar Ganjar.

Ganjar menegaskan, ada potensi yang bisa dikembangkan. Potensi-potensi tersebut akan menjadi motor penggerak dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi 7%.

Pertama, menjamin kepastian dan penegakan hukum. Jika negara kepastian dan penegakan hukum terjaga, maka investor akan berbondong-bondong datang berinvestasi. Imbasnya, lapangan pekerjaan akan muncul dan berujung pada masyarakat lebih sejahtera.

"Kalau KKN (korupsi, kolusi, nepotisme) disikat, maka pajak kita bisa dioptimalkan. Pemasukan negara bisa tinggi karena tidak dikorupsi," kata Ganjar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)