Ganjar-Mahfud Targetkan Ekonomi Tumbuh 7%, Ini Kata Pengamat

Selasa, 19 Desember 2023 - 09:10 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Targetkan Ekonomi Tumbuh 7%, Ini Kata Pengamat
Capres Ganjar Pranowo dalam Dialog Apindo Capres 2024 bertajuk Roadmap Perekonomian Indonesia 2024-2029 di Menara Bank Mega, Jakarta, Senin (11/12/2023). FOTO/MPI/IKHSAN SP
A A A
JAKARTA - Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawpres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7%. Pertumbuhan ekonomi sebesar itu penting untuk mewujudkan Indonesia Emas pada 2045.

Direktur CELIOS (Center of Economic and Law Studies) Bhima Yudhistira membeberkan sejumlah hal yang mesti dilakukan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 7%. Salah satu dengan mengoptimalkan berbagai sektor pendorong ekonomi.

"Pertumbuhan penting tapi pemerataan sama pentingnya," kata Bhima dalam keterangannya, Selasa (19/12/2023).



Menurutnya, ada banyak sumber pertumbuhan ekonomi yang dapat digarap untuk mengerek pertumbuhan yang berkelanjutan dan jangka panjang. Sebut saja pengoptimalan ekonomi hijau, ekonomi biru, dan ekonomi digital.

Pertumbuhan ekonomi tidak bisa hanya disandarkan sepenuhnya pada eksploitasi sumber daya alam (SDA). Sebab, eksploitasi SDA yang berlebihan malah dapat berdampak pada terganggunya sektor ekonomi yang lain.

"Jangan hanya eksploitasi SDA dengan hilirisasi yang merusak sendi ekonomi hijau dan biru untuk kejar pertumbuhan tinggi jangka pendek," ujar Bhima.

Di sisi lain, pemerintah juga harus mulai meluncurkan strategi guna mengoptimalkan bonus demografi. Hal tersebut dapat ditempuh dengan penyediaan lapangan pekerjaan dan kepastian upah laik bagi pekerja.

"Pemanfaatan bonus demografi juga mendesak dengan pembukaan lapangan kerja yang berkualitas dengan upah lebih baik.Selama formulasi upahnya masih pakai Undang-Undang Cipta Kerja, maka sulit mendorong daya beli masyarakat yang lebih tinggi. Sementara konsumsi rumah tangga porsinya cukup besar ke PDB," katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2476 seconds (0.1#10.140)