Disiplinkan Prajurit Lewat Salat dan Pengajian, Jenderal Bintang 3 Ini Jawab Prabowo soal Tuduhan Islamisasi

Senin, 04 Desember 2023 - 06:11 WIB
loading...
A A A
Dari hasil diskusi Agus Rohman dengan para prajurit senior, ia melihat bahwa Prabowo adalah sosok yang berkarakter: karismatik, militan, berani, disegani, displin tinggi, dan dicintai anggota. Dari sana, ia melihat bahwa sosok pemimpin adalah hal yang penting dalam memimpin satuan.

Sebelum membuat aturan-aturan, Agus Rohman sebagai Wadan Yonif L 328 membuat kajian atau telaahan staf yang kemudian dikomunikasikan kepada Danyonif L 328, Letkol Inf Hamim Basari. Kemudian, Danyonif L 328 pun menyetujui saran dan masukan dari Wadan Yonif L 328, Mayor Inf Agus Rohman.

Ada tiga saran yang disampaikan kepada Danyon saat itu menyangkut tradisi atau kegiatan yang dilakukan di satuan Yonif Linud 328. Pertama, Agus Rohman merasa perlu memberlakukannya kembali apel malam pukul 21.00 WIB bagi prajurit remaja yang tinggal di barak. Apel itu diambil oleh Perwira Piket Batalyon, sebagai perwira yang bertanggung jawab kepada Danyon di luar jam dinas.

Kemudian, kedua, Agus Rohman juga merasa bahwa ia perlu mengubah kebijakan yang diberlakukan satuan, yaitu batas minimal usia menikah bagi Prajurit Remaja Yonif Linud 328 dari 27 tahun menjadi 25 tahun. Ketiga, Agus Rohman juga berkeinginan untuk memaksimalkan fasilitas yang ada, salah satunya masjid. Ia melihat masjid di batalyon belum ramai dan minim aktivitas.

Ternyata, sebagian orang menganggap bahwa aturan membaca surah Yasin pada Kamis malam adalah upaya Islamisasi di tubuh Batalyon Infanteri L 328. Itu adalah tuduhan yang serius bagi Agus Rohman.

Agus Rohman pun dipanggil oleh Pangkostrad Letjen TNI Prabowo Subianto untuk memberi keterangan perihal perubahan-perubahan yang terjadi di Batalyon 328.

"Mengapa kamu mengubah tradisi Batalyon 328?" tanya Pangkostrad Prabowo Subianto dikutip dari buku biografinya berjudul "Panglima dari Bandung Selatan, 88 Praktik Kepemimpinan Ala Mayjen TNI H Agus Rohman, S.I.P., M.I.P", Senin (4/12/2023).



"Apel malam itu dulu tidak ada. Kenapa sekarang ada?" lanjutnya.

"Siap! Untuk aturan apel malam, apel malam dilakukan untuk mendisiplinkan prajurit," tegas Agus Rohman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2445 seconds (0.1#10.140)