Waspada Phishing!

Kamis, 30 Maret 2023 - 06:56 WIB
loading...
A A A
Selanjutnya, ada beberapa tips bagi konsumen untuk menjaga keamanan data pribadi, antara lain menghindari penggunaan koneksi internet wireless (Wi-Fi) di sembarang tempat; mengganti password/PIN e-mail, media sosial, ATM/internet banking, media cloud, dan aplikasi layanan secara berkala; membuat password dengan menggunakan kombinasi huruf kecil, angka, dan kapital.

Juga tidak menggunakan password dengan data lahir, nomor KTP hingga NIK; tidak menunjukkan data pribadi seperti e-mail, kode OTP dan password kepada siapa pun; tidak membuka tautan (link) mencurigakan di dalam e-mail, SMS, atau kanal lain.

Selain itu, tidak memakai gawai saat emosi untuk mencegah perilaku impulsif dan tidak terkendali; hati-hati dalam membagikan informasi ke sosial media; melakukan transaksi belanja online di platform yang terpercaya; mengaktifkan verifikasi dua langkah pada e-mail dan platform yang digunakan; selalu melakukan pembaharuan sistem operasi ke versi terbaru; menggunakan antivirus berlisensi untuk menghindari akses yang tidak diinginkan; dan tidak mudah mengklik tombol download pada halaman downloader karena kebanyakan mengecoh dan tidak mengizinkan notifikasi jika terlanjur mengkliknya.

Terakhir, kenyamanan konsumen selalu berbanding terbalik dengan keamanan. Namun dengan semakin banyaknya kasus phishing dan inovasi-inovasi kejahatan digital di masa akan datang, konsumen harus sedikit mengorbankan kenyamanan dan kemudahan untuk mendapat jaminan keamanan atas datanya.






(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)