Berharap Transportasi Umum yang Terintegrasi

Senin, 06 Februari 2023 - 09:24 WIB
loading...
A A A
Hanya dua kota yang mengoperasikan angkutan umum modern, yaitu Trans Pakuan di Kota Bogor dan Trans Ayo di Kota Tangerang. Sementara akses transportasi umum selain dua kota tersebut masih jauh tertinggal, bahkan tidak ada upaya pemda setempat untuk membenahinya.

Sinergi pemerintah pusat dan pemeritah daerah dapat dilakukan untuk mempercepat penerapan pembenahan transportasi umum di Wilayah Bodebatek. EfisiensiPublic Service Obligation(PSO) KRLCommuter Linedengan beberapa skenario yang dilakukan Ditjen Perkeretaapian diperoleh sekitar Rp208 - 475 miliar.

Anggaran hasil efisiensi PSO ini dapat digunakan untuk membenahi transportasi umum di Bodetabek, sehingga warga Bodetabek yang bekerja di Jakarta tidak merasa dizolimi. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk terus mendorong migrasi dariprivateke tranportasi publik.

Sekadar diketahui, layanan transportasi umum di Bodetabek masih sangat buruk. Hampir 99% lebih perumahan di Bodetabek tidak terlayani transportasi umum. Jauh berbeda dengan Kota Jakarta yang layanan transportasi umumnya sudah mengcover92% wilayah. Bahkan, jalan-jalan kecil di perkampungan Kota Jakarta kini sudah dilayani angkot JakLingko.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5221 seconds (0.1#10.140)