Pemimpin Antarumat dan Umat Antariman: Takziyah Paus Benediktus IXV

Kamis, 05 Januari 2023 - 12:08 WIB
Aktor kondang Anthony Hopkins dan Jonathan Pryce memerankan keduanya. Satu Paus seorang cendikiawan Jerman, satu lagi seorang aktivis Argentina. Penulis merasa beruntung bisa berpapasan langsung dengan keduanya.

KH Yahya Kholil Staquf didampingi Dr Najib Azka menyampaikan secara langsung rasa duka itu kepada Kardinal Piero Pioppo. Setelah berbincang-bincang sejenak relasi NU (Nahdlatul Ulama) dengan Vatikan dan mengenang pepergian tokoh itu, Gus Yahya menuliskan kesannya di buku duka.

Setelah itu Dirjen Plt Bimas Katolik Kementrian Agama RI, AM Adiyarto Sumarjono, mewakili Menteri Agama H Yaqut Kholil Qoumas, yang sudah menyatakan dukanya terekam di media massa. Penulis sendiri menyampaikan langsung, dan menulis kesan bahwa pemimpin satu umat adalah pemimpin semua umat. Seorang beriman adalah juga harus antariman.

Ungkapan duka dari semua pemimpin agama di Indonesia, dari Kristen, MUI, Muhammadiyah, NU, Hindu, Buddha dan pemimpin negara, dari Presiden, Menteri Agama, dan para pejabat menunjukkan semangat ini. Pemuka agama saat ini adalah pemuka semua agama, dan umatnya harus antaragama.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(poe)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More