Deretan Jenderal Bintang 5 di Dunia, 3 dari Indonesia

Senin, 26 September 2022 - 06:12 WIB


Foto: Istimewa

Sudirman terkenal dengan perang gerilya pada Agresi Militer II yang dilakukan Belanda di Yogyakarta. Ketika itu, Presiden Soekarno dan wakilnya Moh Hatta, serta beberapa anggota kabinet ditawan penjajah.

Namun Sudirman dengan tanggung jawabnya sebagai pemimpin militer mencoba melawan penjajah tersebut dengan bergerilya selama kurang lebih tujuh bulan dengan berpindah-pindah dari hutan ke hutan, gunung ke gunung. Padahal kondisinya kala itu sedang buruk akibat penyakit TBC yang dideritanya. Walaupun harus ditandu, namun semangat Sudirman untuk membebaskan Indonesia dari penjajah sangat besar.

Jenderal besar ini mengembuskan napas terakhirnya pada 29 Januari 1950. Dia meninggal dunia di Magelang pada usia 34 tahun dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta. Ia dinobatkan sebagai Pahlawan Pembela Kemerdekaan.

11. Abdul Haris (AH) Nasution

Pria kelahiran Kotanopan, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara pada 3 Desember 1918 ini memiliki jiwa perjuangan yang tinggi. Dilansir dari laman resmi TNI, tni.mil.id, dia pernah menjadi Guru HIS Partikelir Bengkulu, Kepala Staf Komandemen I/Jawa Barat, Komandan Divisi I/Jawa Barat.

Dia juga pernah menjadi Panglima Divisi III TKR, Panglima Divisi I/SIliwangi, Wakil Panglima Besar Angkatan Perang Mobil, Wakil Panglima Besar Angkatan Perang/Kepala Staf Operatif, Panglima Markas Besar Komando Djawa (MBKD), Panglima Tentara dan Teritorium Djawa (PTTD), Kepala Staf Angkatan Darat.



Foto: Kemendikbud
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More