Perubahan Perilaku dan Perencanaan Organisasi

Rabu, 13 Januari 2021 - 06:15 WIB
Perilaku yang dikampanyekan secara masif, yaitu menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan oleh pemerintah sepanjang setahun pandemi, akan menjadi kebutuhan sekaligus tuntutan bagi setiap orang di dalam organisasi. Perubahan cara kerja yang lebih mengandalkan perangkat teknologi, juga harus disiasati supaya organisasi tidak kehilangan arah dalam mencapai tujuannya.

Dalam perubahan perilaku dan perubahan cara bekerja tersebut, kunci utama untuk mencapai titik paling efisien adalah melakukan perencanaan dan penganggaran secara efektif. Bagaimanapun, pandemi telah mengubah struktur kebutuhan atau belanja organisasi dan sekaligus juga mengubah sumber-sumber pendapatan.

Model organisasi yang hierarkis dan vertikal, saya rasa sudah tidak lagi relevan dan kurang adaptif. Usaha yang diperlukan untuk menggerakkan organisasi yang hierarkis dan vertikal akan jauh lebih besar dibandingkan apabila model organisasi lebih cenderung sejajar atau horizontal. Oleh karena itu, para pemimpin dalam organisasi harus mampu dan berani untuk mengubah pendekatan mereka terhadap para bawahan, anak buah, dan unit-unit di bawah kendali para pemimpin.

Sekalipun pekan-pekan ini kita masih berada pada kondisi di mana pembatasan-pembatasan sosial dan pergerakan/mobilitas manusia masih dilaksanakan secara lebih ketat dalam rangka menekan angka penyebaran, dalam waktu yang tidak lama situasi akan segera berubah karena vaksin sudah tersedia dan akan segera dilakukan proteksi terhadap warga secara masif.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More