Sandiaga Nilai Keberadaan Mentor atau Pembimbing Usaha Cukup Penting

Senin, 11 Januari 2021 - 17:34 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno mendorong para pelaku usaha mikro dan menengah (UMKM) terutama yang bergerak di usaha kuliner agar memiliki mentor bisnis. Foto/SINDOnews/Heru Haryono
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mendorong para pelaku usaha mikro dan menengah (UMKM) terutama yang bergerak di usaha kuliner agar memiliki mentor bisnis. Hal ini dilakukan supaya usaha yang dijalankan bisa terus meningkat.

(Baca juga: Menparekraf Sandiaga Perbanyak Akomodasi untuk Tenaga Kesehatan di 2021)

"Menurut saya yang kekurangan sekali itu mentor usaha ya. Jadi selain diberikan pendidikan, mereka (pelaku usaha) juga harus didampingi," kata Sandiaga Uno saat berbincang dengan pengusah kuliner yang juga pendiri Warunk Upnormal, Rex Marindo dikutip dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (10/1/2021).

(Baca juga: Sandiaga Sebut Permudah Proses Perizinan Usaha Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Labuan Bajo)

Politikus Gerindra itu menyebutkan bahwa berdasarkan data sekitar 80 persen usaha yang memiliki mentor terjadi peningkatan usaha hingga dua kali lipat dibandingkan dengan yang tidak memiliki mentor.



(Baca juga: Sandiaga Tegaskan Serius Dorong Industri Pariwisata dan Ekosistemnya)

"Jadi kalau ada mentor kan dibimbing, mentor itu akan bercerita pengalamannya pasti dia pernah gagal gitu. Jadi dia bilang jangan ke sini, jangan di sini dan akan mengarahkan pelaku usaha itu," ucapnya.

Sandi mengakui, banyak orang kesulitan dalam memulai usaha. Namun kata Sandiaga , meningkatkan usaha agar naik kelas jauh lebih sulit. Oleh karena demikian maka perlu ada mentor yang mengarahkan.

"Jadi dari startup ke scale up itu selalu susah payah. Jadi kadang-kadang bilang susah mau mulai bisnis, eh lebih susah menaik kelaskan bisnis," jelasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More