Sandiaga Nilai Keberadaan Mentor atau Pembimbing Usaha Cukup Penting

Senin, 11 Januari 2021 - 17:34 WIB
loading...
Sandiaga Nilai Keberadaan Mentor atau Pembimbing Usaha Cukup Penting
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno mendorong para pelaku usaha mikro dan menengah (UMKM) terutama yang bergerak di usaha kuliner agar memiliki mentor bisnis. Foto/SINDOnews/Heru Haryono
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mendorong para pelaku usaha mikro dan menengah (UMKM) terutama yang bergerak di usaha kuliner agar memiliki mentor bisnis. Hal ini dilakukan supaya usaha yang dijalankan bisa terus meningkat.

(Baca juga: Menparekraf Sandiaga Perbanyak Akomodasi untuk Tenaga Kesehatan di 2021)

"Menurut saya yang kekurangan sekali itu mentor usaha ya. Jadi selain diberikan pendidikan, mereka (pelaku usaha) juga harus didampingi," kata Sandiaga Uno saat berbincang dengan pengusah kuliner yang juga pendiri Warunk Upnormal, Rex Marindo dikutip dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (10/1/2021).

(Baca juga: Sandiaga Sebut Permudah Proses Perizinan Usaha Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Labuan Bajo)

Politikus Gerindra itu menyebutkan bahwa berdasarkan data sekitar 80 persen usaha yang memiliki mentor terjadi peningkatan usaha hingga dua kali lipat dibandingkan dengan yang tidak memiliki mentor.

(Baca juga: Sandiaga Tegaskan Serius Dorong Industri Pariwisata dan Ekosistemnya)

"Jadi kalau ada mentor kan dibimbing, mentor itu akan bercerita pengalamannya pasti dia pernah gagal gitu. Jadi dia bilang jangan ke sini, jangan di sini dan akan mengarahkan pelaku usaha itu," ucapnya.

Sandi mengakui, banyak orang kesulitan dalam memulai usaha. Namun kata Sandiaga , meningkatkan usaha agar naik kelas jauh lebih sulit. Oleh karena demikian maka perlu ada mentor yang mengarahkan.

"Jadi dari startup ke scale up itu selalu susah payah. Jadi kadang-kadang bilang susah mau mulai bisnis, eh lebih susah menaik kelaskan bisnis," jelasnya.

Sementara itu, Rex Marindo mengatakan pada Februari 2021 mendatang pihaknya akan meluncurkan aplikasi online yang bernama 'Mentor Kuliner'. Aplikasi ini dibuat untu para pengusaha kuliner yang membutuhkan mentor dalam menjalankan bisnis mereka.

Dikatakan Rendi, saat ini dirinya sudah terkoneksi dengan hampir 50 ribu pengusaha kuliner seluruh Indonesia. Baik itu pemilik usaha kuliner kecil atau yang sudah memiliki ratusan outlet.

"Jadi dengan komunitas yang sudah banyak banget ini, pebisnis kuliner yang kita kenal ini, kita next caranya itu memfasilitasi untuk mereka bisa menjadi mentor kuliner. Jadi seolah-olah nanti teman-teman yang butuh mentor, dia cuma perlu masuk ke website nya kemudian nanti di situ akan banyak sekali mentor kuliner yang dia bisa bikin janji," ungkapnya.

Sandi Uno yang merupakan pengusaha nasional menyambut baik rencana dari founder Warunk Upnormal dan Bakso Boedjangan tersebut. Menurut dia, Rex Marindo telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam membangun usaha dan membuka banyak lapangan kerja.

"Kini ia bagikan ilmunya kepada masyarakat banyak. Inilah yang namanya ilmu yang bermanfaat, ilmu yang tidak disimpan untuk diri sendiri," tukas Sandi.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)