Bangun Sistem Daring, Pemerintah-Swasta Perlu Sinergi

Kamis, 17 Desember 2020 - 16:13 WIB
"Itulah alasan mengapa kita ingin membahas secara khusus outlook pendidikan 2021," tambahnya.

Sementara itu, menurut M Hasan Chabibie, (Plt Kepala Pusdatin Kemendikbud RI) dalam sambutannya mengatakan bahwa teknologi bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan saat ini dan di masa mendatang. Itulah mengapa bantuan kouta internet gratis sangat penting, sebagai upaya menjaga nyala api pendidikan nasional.

"Teknologi bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan sekarang dan di masa mendatang. Bantuan kuota internet bentuk negara hadir, dan upaya menjaga asa dunia pendidikan kita di tengah pandemi," kata M. Hasan Chabibie dalam sambutannya.

Peneliti Utama Bidang Pendidikan Arus Survei Indonesia, Budy Sugandi, dalam pemaparan temuan FGD mengatakan, dalam konteks membangun ekosistem pembelajaran daring, kolaborasi antara pihak pemerintah dan swasta menjadi prasyarat penting.

"Untuk membangun ekosistem pembelajaran daring, pihak pemerintah harus bersinergi (baik Kemendikbud sebagai pencipta regulasi ataupun Kominfo dan kementerian lainnya sebagai penunjang) dengan pihak swasta (yakni pihak provider ataupun pemilik aplikasi dan platform pembelajaran daring)," kata Budy Sugandi.

Sementara terkait pentingnya internet sehat, Budy mengatakan bahwa perlu adanya edukasi yang berkesinambungan, seperti halnya tidak melakukan ujaran kebencian (hate sepeech) dalam pemakaian internet (bermedia sosial).

"Kampanye yang menyeluruh ke seluruh komponen untuk menggunakan internet sehat perlu secara gencar dilakukan," tambahnya.

Sebagai informasi, acara tersebut juga dihadiri sejumlah narasumber antara lain, Dr Achmad Samsudin (Kaprodi Pendidikan Fisika UPI), Fikri Muslim (Peneliti LIPI), Fransisca Oetami (CEO Clevio Coder Camp).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More