Menlu Retno Sebut Ada Upaya Sistematis Hambat Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Jum'at, 17 Mei 2024 - 16:43 WIB
loading...
Menlu Retno Sebut Ada Upaya Sistematis Hambat Bantuan Kemanusiaan ke Gaza
Menlu Retno Marsudi menyebut bahwa ada upaya sistematis dari warga Israel untuk menghambat bantuan kemanusiaan salah satunya dari Indonesia untuk warga Gaza. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebutkan, ada upaya sistematis dari warga Israel untuk menghambat bantuan kemanusiaan salah satunya dari Indonesia untuk warga Gaza . Retno pun prihatin dengan kondisi tersebut.

"Baru saja mengeluarkan statemen ya lagi kita prihatin bantuan kemanusiaan yang masuk ke Gaza dari waktu ke waktu dihambat, terakhir itu dirayah (dijarah) ya, di depan aparat Israel. Pembiaran ini terus dilakukan. Saya yakin ini upaya sistematis upaya terus menghambat bantuan kemanusiaan untuk Gaza," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (17/5/2025).

Retno pun mengutuk keras tindakan penghambatan bantuan untuk warga Gaza tersebut. Menurut Retno butuk tindakan tegas untuk mencegah hal tersebut kembali terjadi.



"Kita keluarkan statement, kita kutuk keras hal hal yang terjadi seperti itu dalam artian menghambat bantuan kemanusiaan. Karena bantuan kemanusiaan ini sangat diperlukan masyarakat Gaza saat ini. Kita katakan pelaku ditindak dan ada upaya mencegah hal tersebut terjadi lagi," kata Retno.

Pemerintah Indonesia, kata Retno, juga telah menghubungi Dewan Keamanan PBB agar penghambatan bantuan tersebut tak terjadi lagi. Retno menegaskan bahwa bantuan keamanan harus menjadi prioritas.

"Kita juga melakukan call ke dewan keamanan PBB agar hal serupa tidak terjadi lagi. Kami juga sampaikan agar bantuan keamanan jadi prioritas dan dilakukan disalurkan tanpa hambatan," ungkapnya.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)
pixels