TNI AL Merajut Asa untuk Indonesia Emas

Selasa, 28 Mei 2024 - 06:55 WIB
Ilustrasi: Masyudi/SINDOnews
SATU persatu, alutsista canggih hadir melengkapi kekuatan armada perang TNI AL . Terbaru adalah akuisisi dua kapal Pattugliatore Polivalente d'Altura (PPA) produksi Fincantieri Italia yang dibekali kemampuan multi-misi berteknologi terkini. Dengan sistem rudal permukaan ke udara (Surface to Air Missile /SAM)Aster 15/30beserta peluncur vertical DCNS Sylver A43, kapal jenis OPV buatan Fincantieri tersebut akan menjadi salah satu kapal terkuat di kawasan Asean.

baca juga: Membangun Otot TNI AL

Selama menunggu kedatangan kapal PPA kelas Taon di Revel yang dijadwalkan tiba pada Oktober 2024 dan April 2025, Indonesia juga tengah membangun dua kapal Fregat Merah Putih. Keel laying kontruksi kapal pertama telah dilakukan PT PAL Surabaya telah dilakukan pada Agustus 2023 lalu. Pembuatan kapal perang dengan desain berbasis kapal Arrowhead milik Babcock Inggris diperkirakan memakan waktu hingga 5-8 tahun ke depan.



Tak kalah mengguncang, TNI AL juga akan diperkuat dua kapal selam Scorpene made in Naval Group, Prancis. Keputusan akusisi ini disertai skema Transfer of Technology (ToT), dengan pembangunan juga dilakukan di galangan kapal kebanggaan nasional yang bermarkas di Surabaya tersebut.

Bahkan, kabar teranyar TNI mengincar empat kapal selam tambahan sebelum Scorpène Evolved hadir menjadi tulang punggung TNI AL (interim). Untuk diketahui, Scorpène Evolved baru akan diserahkan ke TNI AL dalam waktu 96 bulan, atau delapan tahun, sejak kontrak mulai berlaku. Di sisi lain, Indonesia juga membutuhkan setidaknya 12 kapal selam untuk bisa menjaga wilayah maritim Indonesia yang sangat luas.

Keberadaan kapal selam, terutama Scorpene Evolved, diandalkan menghadirkan daya gentar (detterenet effect) dan game canger persaingan kekuatan bawah laut mengingat kecanggihan teknologinya. Berdasar spesifikasinya, kapal selam ini ditenagai baterai Evolved Full Lithium-Ion yang membuatnya mampu melakukan misi selama 78-80 hari; dan sistem tempur generasi terbaru- Subtics, dan mampu menenteng 28 torpedo dan peluru kendali.

Walaupun sudah dibekali beragam alutsista laut gahar, ternyata akuisisi kapal PPA Taon di Revel, Fregat Merah Putih, dan kapal selam Scorpene Evolved tersebut hanya mengisi sebagian puzzle kekuatan yang dibutuhkan TNI AL. Lebih dari itu, TNI masih memiliki asa mendatangkan berbagai jenis alutsista tak kalah canggih lainnya.

Paparan daftar tambahan prioritas alutsista TNI AL yang akan dikejar pada periode 2025-2045 itu disampaikan langsung Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali pada momen silaturahmi dan halal-bihalal para KSAL dari masa ke masa dan keluarga besar TNI AL, di Jakarta (19/4).

Selain alutsista yang sudah diakuisisi atau tengah dibangun, untuk penguatan kapabilitas TNI AL dalam 20 tahun ke depan itu TNI AL di antaranya mengincar beragam alutsista mulai dari sistem pertahanan pesisir (coastal defence) hingga pesawat patroli maritim multi-misi (MPA) P-6. Target belanja yang muncul dalam paparan Muhammad Ali antara lain meliputi pesawat nirawak bersenjata atau unmanned combat aircraft vehicle (UCAV) Bayraktar Akinci jenis high altitude long endurance (HALE), dan UCAV Bayraktar TB-2 jenis medium altitude long endurance (MALE) dari Turki.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More