7 KSAD yang Menjabat Kurang dari Setahun, Nomor 1 Tak Genap Sebulan

Selasa, 14 Mei 2024 - 17:44 WIB
Puncak karier militer Budiman didapat ketika didaulat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Ia dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/8/2013).

Waktu itu, Budiman menggantikan Jenderal Moeldoko yang diangkat menjadi Panglima TNI. Posisi KSAD ditempatinya kurang dari setahun. Pada 25 Juli 2014, Jenderal Gatot Nurmantyo dilantik menjadi KSAD baru menggantikan Budiman.

4. Jenderal TNI (Purn) Moeldoko



FOTO/DOK.TNI

Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada Rabu (22/5/2013). Namun, posisi tersebut hanya didudukinya dalam waktu yang relatif singkat atau sekitar 3 bulan. Setelah itu, ia ditunjuk menjadi Panglima TNI. Moeldoko dilantik menggantikan Jenderal Agus Suhartono di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/8/2013).

5. Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto



FOTO/IST

Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto tercatat sebagai KSAD ke-21. Sebelumnya, ia ditunjuk oleh Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada 19 November 1999.

Jabatan KSAD hanya ditempati Tyasno Sudarto selama kurang dari setahun. Pada 9 Oktober 2000, ia digantikan oleh Jenderal Endriartono Sutarto.

Sebelum itu, Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto juga berpengalaman sebagai Kepala BAIS TNI. Posisi ini diduduki pada 1999.

6. Jenderal TNI (Purn) Wiranto



FOTO/IST

Kemudian, ada nama Jenderal TNI (Purn) Wiranto. Pada 7 Juni 1997, tentara kelahiran Yogyakarta ini ditunjuk menjadi KSAD menggantikan Jenderal R Hartono. Wiranto juga menyandang jabatan KSAD selama kurang dari setahun. Hal ini dikarenakan dirinya telah diangkat menjadi Panglima TNI pada Februari 1998.

7. Jenderal TNI (HOR) Bambang Utoyo



FOTO/IST

Lalu, ada Jenderal TNI (HOR) Bambang Utoyo. Ia adalah KSAD ke-4 yang menjabat pada 1955. Penunjukan Bambang Utoyo sebagai KSAD didasarkan pada SK Presiden RI Nomor 150/M Tahun 1955. Posisi ini juga ditempati selama kurang dari setahun sebelum akhirnya digantikan Jenderal A.H. Nasution.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More