2 Sosok Perwira Tinggi yang Bertugas di BAIS TNI, Jabat Kepala dan Wakil Kepala

Rabu, 26 Juni 2024 - 18:30 WIB
loading...
2 Sosok Perwira Tinggi...
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara Sertijab Irjen TNI, Danjen Akademi TNI, Kabais TNI, dan Aslog Panglima TNI di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (27/3/2024). FOTO/DOK.TNI
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada dua Perwira Tinggi (Pati) yang bertugas di Badan Intelijen Strategis ( BAIS) TNI . Mereka berasal dari matra Angkatan Darat dan Angkatan Udara.

BAIS menyedot perhatian publik setelah munculnya dugaan peretasan data. Kini Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) masih melakukan pengecekan mendalam terkait akun X @FalconFeeds.io yang mengklaim telah menguasai sejumlah data milik BAIS.

BAIS merupakan organisasi khusus yang menangani intelijen kemiliteran. Tugas utama mereka adalah untuk menyuplai analisis-analisis intelijen dan strategis yang aktual kepada Panglima TNI dan Kementerian Pertahanan.

Dalam struktur organisasi BAIS, sebenarnya cukup banyak posisi yang diduduki oleh perwira tinggi (Pati) TNI. Dua Pati TNI yang dibahas dalam artikel ini hanya yang menduduki posisi Kabais dan Wakabais.

2 Sosok Perwira Tinggi yang Bertugas di BAIS TNI

1. Letjen TNI Yudi Abrimantyo

2 Sosok Perwira Tinggi yang Bertugas di BAIS TNI, Jabat Kepala dan Wakil Kepala

FOTO/DOK.TNI

Letjen TNI Yudi Abrimantyo mengemban amanat sebagai Kepala BAIS sejak 22 Maret 2024. Ia menggantikan Letjen TNI rudianto yang dimutasi menjadi Komandan Jenderal Akademi TNI.

Yudi Abrimantyo menjalani karier di militer sejak lulus dari Akademi Militer (Akmil) 1989. Sepak terjangnya di militer antara lain pernah menjabat sebagai Paban Utama A-5 Dit A Bais TNI pada 2016.

Pria yang berasal dari kecabangan Infanteri ini juga sempat menduduki posisi Bandep Ur Sosbud Deputi Bidang Pengembangan Setjen Wanntanas tahun 2018, Ses Ditjen Strahan Kemhan di 2018, dan Kabainstrahan Kemhan pada 2021.

Terkait peretasan data BAIS TNI, Yudi Abrimantyo menjelaskan data-data yang diklaim diretas adalah data-data lama.

2. Marsda TNI Muhammad Tawakal Syaeful Haq Sidik

2 Sosok Perwira Tinggi yang Bertugas di BAIS TNI, Jabat Kepala dan Wakil Kepala

FOTO/INSTAGRAM

Muhammad Tawakal Syaeful Haq Sidik resmi menjabat sebagai Wakil Kepala BAIS sejak 29 Maret 2023. Ia menggantikan peran Marsda TNI Jemi Trisonjaya yang dipindah tugaskan menjadi Irjenau.

Lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1990 ini tercatat pernah menduduki jabatan Danlanud Tanjungpinang pada 2006, Kasinal Bangpalsan Subdissan Komsus Dispamsanau di 2008.

Pengalamannya di Bais TNI dimulai ketika menjabat sebagai Paban Utama F-3 Dit F Bais TNI. Lalu setelah itu ia sempat dipindahkan menjadi Dir F Bais TN pada 2021.

Muhammad Tawakal juga sempat menduduki posisi Waasintel Panglima TNI tahun 2022, dan Sekretaris Bais TNI di 2023. Tak heran jika kini dirinya menduduki salah satu posisi tertinggi dalam BAIS karena memiliki segudang pengalaman.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)