5 Fakta Komjen Fadil Imran, Salah Satunya Rekan Seangkatan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit di Akpol

Senin, 01 Juli 2024 - 07:14 WIB
loading...
5 Fakta Komjen Fadil Imran, Salah Satunya Rekan Seangkatan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit di Akpol
Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Fadil Imran. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komjen Pol Fadil Imran jadi sosok yang sudah tidak asing lagi di Polri, mengingat dirinya telah beberapa kali menduduki posisi strategis. Kini ia tengah bertugas sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri.

Pria bernama lengkap Mohammad Fadil Imran itu lahir pada 14 Agustus 1968, di Makassar, Sulawesi Selatan. Kariernya di Polri dimulai setelah lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) di tahun 1991 silam.

Sepanjang kariernya di kepolisian, Fadil Imran telah catatkan beberapa fakta menarik. Mulai dari posisi strategis yang pernah diduduki hingga sempat jadi rekan seangkatan Kapolri.


5 Fakta Komjen Fadil Imran:

1. Mantan Kapolda Metro Jaya

Sebelum ditunjuk sebagai Kabaharkam pada 27 Maret 2023, Fadil Imran sempat menduduki posisi Kapolda Metro Jaya selama kurang lebih tiga tahun, dimulai dari tanggal 16 November 2020.

Ketika masih berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi, Fadil juga sempat menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur selama beberapa bulan, dari 1 Mei 2020 hingga 16 November 2020.

2. Tangani Kasus Kasus Besar

Sepanjang kariernya di kepolisian, Fadil Imran telah menangani sejumlah kasus besar. Seperti penangkapan tersangka kasus mutilasi Ryan Jombang pada 2008, ketika masih menjabat sebagai Kasat III Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Fadil Imran juga sempat menangani kasus mutilasi yang dilakukan Baekuni alias Babe tahun 2010. Ketika menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Barat, ia sempat melakukan penangkapan pada Hercules dan John Kei.

Tidak hanya itu, dirinya juga menangani kasus pembajakan Warkop DKI Reborn tahun 2016, kasus kebakaran hutan seluas 7.264 hektar, hingga membongkar sindikat Saracen di tahun 2017.

3. Sandang Pangkat Jenderal Bintang Tiga pada 2023

Fadil Imran menerima pangkat jenderal bintang tiga setelah ditunjuk sebagai Kabaharkam Polri pada 27 Maret 2023 lalu.

Keputusan mutasi itu tertuang dalam 4 surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/712/III/Kep./2023, ST/713/III/Kep./2023, ST/714/III/Kep./2023 dan ST/715/III/Kep./2023. Semuanya tertanggal 27 Maret 2023 dan ditandatangani Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

4. Salah Satu dari Tiga Lulusan Akpol 1991 yang Sandang Pangkat Komjen

Komjen Pol. Fadil Imran menjadi salah satu lulusan Akpol 1991 yang telah menyandang pangkat jenderal bintang tiga. Dua di antaranya Komjen Pol. Marthinus Hukom, dan Komjen Pol. Wahyu Widada.

Komjen Pol. Marthinus Hukom kini bertugas sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Sedangkan Komjen Pol. Wahyu Widada menjalankan tugas sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Polri.

Kebanyakan lulusan Akpol 1991 saat ini masih banyak yang menyandang pangkat Brigadir Jenderal Polisi dan Inspektur Jenderal Polisi, dan ada beberapa yang menyandang pangkat Komisaris Besar Polisi.

5. Rekan Seangkatan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Selain seangkatan dengan Komjen Pol. Wahyu Widada dan Komjen Pol. Marthinus Hukom, Komjen Pol. Fadil Imran juga merupakan rekan seangkatan dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Listyo Sigit merupakan anggota Polri yang lulus dari Akpol pada 1991 silam. Karena itu jugalah yang membuatnya dijuluki sebagai salah satu Kapolri termuda dalam sejarah.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)
pixels