Lebaran Vibe, Konsumsi, Digitalisasi

Senin, 08 April 2024 - 09:03 WIB
Teknologi belanja online membawa masyarakat dapat menjelajahi berbagai produk dan melakukan pembelian dengan mudah melalui aplikasi e-commerce. Tak hanya itu, kemajuan dalam pembayaran online dan digital pun telah mengubah cara masyarakat berbelanja. Metode pembayaran elektronik seperti e-wallet, kartu kredit, dan transfer bank secara online telah memberikan alternatif yang lebih praktis dan aman dibandingkan dengan pembayaran tunai. Permasalahannya, tren peningkatan aktivitas ekonomi digital belum sepenuhnya diikuti pemerataan akses infrastruktur internet agar penduduk di luar kota-kota besar bisa mendapatkan akses yang sama.

Selain itu masalah keamanan, OJK menyampaikan jika inklusi keuangan sudah semakin membaik (85%) sementara literasi keuangan masih sekitar 49%. Hal itu bisa dilihat jumlah pengaduan kepada OJK sekitar 1.900 pengaduan setiap bulannya. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan sebanyak 40% atau sekitar 77 miliar dolar AS (Rp1.146 triliun) dari total transaksi ekonomi digital ASEAN berasal dari Indonesia.

Pada 2025, nilai tersebut diprediksi akan meningkat dua kali lipat menjadi 130 miliar dolar AS (Rp1.934 triliun) dan terus akan meningkat hingga mencapai sekitar 360 miliar dolar AS (Rp5.357 triliun) di 2030.

Oleh sebab itu, pemerintah dan pelaku usaha perlu terus mengembangkan dan meningkatkan infrastruktur serta kebijakan yang mendukung kemudahan dalam berbelanja online dan digital, sekaligus menjamin rasa aman (terlindungi) bagi para pelaku dan industri keuangan itu sendiri, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, inklusi, menuju Indonesia 2045 lebih optimis. Semoga.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(jon)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More