Penguatan Ekosistem Zakat di Perguruan Tinggi

Jum'at, 05 April 2024 - 13:33 WIB
Kelima, Dukungan teknologi. Dukungan dan pemanfaatan teknologi informasi serta komputer untuk pengelolaan zakat oleh Lembaga adalah bermakna strategis. Karena pengumpulan dan pengelolaan zakat akan lebih efektif, efisien, akuntabel dan transparan. Penggunaan teknologi platform media digital dalam rangka memudahkan pembayaran zakat yang dilakukan oleh muzakki. Pada konteks ini, Lembaga memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi muzakki dalam menunaikan kewajiban zakatnya.

Dukungan teknologi untuk implementasi program-program Pendidikan, ekonomi, dan Kesehatan yang dibiayai dari dana zakat. Dukungan teknologi juga menjadi instrumen untuk memperkuat pelaporan-pelaporan dari penggunaan dana zakat untuk program sosial kemasyarakatan, Kesehatan, ekonomi dan lain sebagainya.

Kelima hal di atas merupakan factor-faktor untuk memperkuat ekosistem zakat di perguruan tinggi. Hal ini menjadi penting agar Lembaga pengelola zakat di perguruan tinggi dapat berkontribusi bagi penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa, pegawai kampus dan lain. Pada konteks penguatan ekosistem zakat di lingkungan kampus akan memiliki makna yang nyata jika mampu menyelesaikan masalah-masalah finansial yang dihadapi civitas akademika.

Oleh karena itu, penguatan ekosistem zakat di perguruan tinggi menjadi penting sebagai upaya untuk membangun kebermanfaatan untuk sesama terutama yang kurang beruntung. Keterlibatan semua civitas akademika sangat strategis agar ekosistem zakat terbangun dengan baik dan bermakna untuk perubahan sosial yang lebih baik untuk segenap insan kampus.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More