IDI dan Lingkungan yang Sedang Berubah

Rabu, 08 November 2023 - 10:46 WIB
Taktik, strategi, maupun politik organisasi dapat saja berubah namun tidak serta merta harus mengubah ideologi yang telah menjadi nilai dasar, pondasi, dan tujuan sebuah organisasi. Hal ini tidak hanya berlaku pada organisasi masyarakat, organisasi profesi dan organisasi politik, namun juga bagi organisasi yang lebih besar seperti negara.

Bila pelajaran ideopolitostrata ini dibawa ke dalam situasi yang kini dihadapi oleh IDI akibat lingkungan yang berubah, maka hemat penulis IDI tidak perlu mengubah atau mengganti dasar, asas, tujuan, dan statusnya. IDI juga juga tidak perlu mengubah pada level nilai luhur yang merupakan pondasi IDI. Mengapa? Karena nilai luhur tersebut merupakan nilai kebaikan yang diharapkan untuk selalu dipunyai dan dipegang teguh oleh setiap dokter.

IDI cukup perlu melakukan perubahan atau penambahan level fungsi dan peran. Perubahan pada fungsi dan peran ini boleh jadi menuntut dilakukannya penguatan struktur, kepemimpinan, dan budaya organisasi.

Perubahan di atas dimaksudkan agar IDI dapat lebih leluasa membersamai masyarakat dan anggotanya untuk mengadvokasi pemerintah dan DPR supaya kembali kepada nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Mengadvokasi bahwa sangat berbahaya bagi bangsa ini bila pendidikan kedokteran dan pelayanan kesehatan/kedokteran dikendalikan oleh mazhab liberalisme.

Dan lebih berbahaya lagi bila regulasi dan kebijakan negara mendukung mazhab tersebut. Wallahu a'lam bishawab.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(poe)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More