Latar belakang Akil transfer uang ke Evi & Iis Dahlia

Senin, 04 November 2013 - 16:41 WIB
Latar belakang Akil transfer uang ke Evi & Iis Dahlia
Latar belakang Akil transfer uang ke Evi & Iis Dahlia
A A A
Sindonews.com - Tersangka Tindak Pidana Pencucian Pencucian Uang (TPPU) mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar, pernah melakukan transaksi keuangan dengan dua penyanyi dangdut, Evi Tamala dan Iis Dahlia.

Hal tersebut disampaikan kuasa hukum Akil, Otto Hasibuan usai membesuk kliennya di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Jakarta Timur Cabang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di ruang basement gedung KPK.

Otto menuturkan, tim kuasa hukum sudah memperoleh konfirmasi dari Akil terkait transaksi dengan sejumlah penyanyi dangdut dan bukan hanya satu penanyi. Beberapa penyanyi dangdut yakni Evi Tamala, Iis Dahlia, dan Ria Fitria.

Transaksi terjadi saat Akil mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur (Cagub) Kalimantan Barat (Kalbar) sekira tahun 2006-2007.

"Seperti umpanya, bukan hanya itu (Ria Fitria), yang pernah dikontrak kalau saya tidak salah, Evi Tamala, Iis dahlia, dan ada juga penyanyi-penyanyi yang lain. Karena memang dibayar untuk pilgubnya itu," ungkap Otto di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (4/11/13).

Sebagai cagub, Akil tentu melakukan kampanye dan membutuhkan artis untuk menarik animo masyarakat. Dia menuturkan, di antara beberapa penyanyi dangdut itu ada yang mendapat jatah manggung di 17 titik kampanye, ada juga 35 titik.

Dia menuturkan, transaksi itu tidak terkait dengan TPPU yang dituduhkan KPK kepada kliennya. Setiap penyanyi ada yang dibayar sesuai dengan beberapa kali manggung dan di beberapa titik.

"Pak Akil bilang dia enggak lihat (jumlah total transaksi sampai Rp900 juta), tapi dia enggak yakin sejumlah itu. Kecuali untuk semua transaksi yang lain. Ada lima (kali pembayaran) atau enam (kali pembayaran)," tuturnya.

Otto menegaskan, transaksi Akil dengan sejumlah artis dangdut jangan dikait-kaitkan ke mana-mana. Dia mengaku kecewa kepada KPK yang mengungkap transaksi Akil tersebut secara sembunyi-sembunyi. Karena kata dia, transaksi tersebut adalah transaksi pribadi bukan transaksi pencucian uang.

"Sumber dananya dari pribadi. Kalau pencuaian uang itu kan ada uang disamarkan. Ini kan sama juga dengan membeli barang, hangus. Kan itu untuk bayar penyanyi," imbuhnya.

Dia mengungkapkan, tidak ada hubungan spesial antara Akil dengan Ria Fitria, Iis Dahlia, dan Evi Tamala. Ria, tutur Otto mendapat jatah manggung sekitar 17 hingga 20 titik. Otto memastikan transfer ke para penyanyi dangdut benar-benar tidak ada hubungan dan kaitannya dengan kasus yang menjerat Akil.

"Jadi jangan diberitakan seakan-akan ada hubungan pribadi, kasihan orang-orang itu. Janganlah KPK melansir berita-berita yang tidak ada kaitannya dengan korupsi," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9306 seconds (0.1#10.140)