Menuju Masyarakat (Lebih) Siap Siaga Bencana

Kamis, 13 Oktober 2022 - 23:10 WIB
loading...
A A A
Pendidikan bencana dan latihan evakuasi di sekolah dan perusahaan selalu dilakukan secara kontinyu dan reguler. Edukasi diperkuat agar masyarakat punya pemahaman benar dan bisa bertindak sendiri secara tepat untuk mengurangi resiko bencana. Hasilnya terlihat jelas; ketika Great East Japan Earthquake terjadi pada 2011, para siswa sebuah sekolah dasar bisa dievakuasi aman berkat edukasi bencana dan latihan cara evakuasi mereka.

Peranan media juga terasa. Biasanya seminggu sebelum hujan lebat, badai atau angin topan, media sudah ramai memberitakan. Gambaran skala dan potensi efek viral menyebar luas. Masyarakat seakan disuruh bersiap. Sekolah, perusahan, jaringan transportasi, restoran, toko serba-ada akan mempersiapkan diri: tidak sedikit yang menginstruksikan karyawan pulang cepat.

Siaga satu terasa, seakan berlindung di benteng pertahanan menghadapi gempuran. Beberapa jam setelah bencana berlalu, jaringan transportasi biasanya segera beroperasi lagi karena sudah menyiapkan tindakan pemulihan sebelumnya. Ini mungkin sedikit beda dengan kondisi kita yang kadang baru ribut perlunya persiapan dan mendadak foto banjir ramai viral justru ketika sudah terjadi.

Melalui momentum hari IDDRR, mari lebih bersiap. Persiapan baik pun terkadang hasilnya tidak sesuai harapan. Tapi sesuatu yang tanpa persiapan, yakinlah kehancuran dan kerugian akan jauh lebih besar lagi.

(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)