Perspektif Merkantilisme dan Transformasi Struktural

Senin, 03 Oktober 2022 - 07:53 WIB
loading...
A A A
Apabila dibandingkan dengan sejumlah negara yang setara di Asia seperti China, Thailand, Malaysia, Korea Selatan, dan Vietnam, di mana mereka memiliki surplus neraca perdagangan terhadap PDB yang lebih tinggi dari Indonesia, umumnya perekonomian mereka ditopang oleh kekuatan ekspor manufaktur.

Upaya mempercepat transformasi perekonomian, termasuk sektor manufaktur, adalah melalui upaya terus-menerus meningkatkan nilai tambah. Dalam RPJMN 2020-2024, salah satu strategi utama transformasi ekonomi adalah dengan menurunkan ketergantungan ekonomi terhadap SDA, dan dialihkan ke industri manufaktur dan jasa yang berdaya saing dan bernilai tambah tinggi.

Penyiapan infrastruktur, berupa jalan, listrik, air bersih perlu terus dikejar sebagai syarat penting (necessary condition), termasuk juga penyediaan SDM yang mumpuni (sesuai dengan kebutuhan), tata kelola pemerintahan yang baik, merupakan beberapa persyaratan yang mendasar untuk terwujudnya transformasi struktural menuju perekonomian yang berdaya saing. Semoga.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2331 seconds (0.1#10.140)