HUT ke-10 ULA, Kemendagri Minta Kualitas Pelayanan Publik Ditingkatkan

Kamis, 10 Oktober 2024 - 19:16 WIB
loading...
HUT ke-10 ULA, Kemendagri...
Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Tomsi Tohir dalam Sarasehan Pelayanan Publik: Transformasi 10 Tahun ULA Kemendagri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) mengingatkan Unit Layanan Administrasi (ULA) agar terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Apalagi ULA merupakan garda terdepan dalam melayani masyarakat dan pemerintah daerah (pemda) di Indonesia.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Tomsi Tohir dalam Sarasehan Pelayanan Publik: Transformasi 10 Tahun ULA Kemendagri. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

"ULA ini sebagai garda terdepan melayani teman-teman dari daerah dan organisasi kemasyarakatan dengan masyarakat yang kita layani yang jumlahnya nomor empat di dunia," katanya.





Berdasarkan survei tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan ULA pada 2024 sebesar 92,07%. Angka ini meningkat dibandingkan 2019 yang hanya mencapai 82,50%.

Melihat capaian tersebut, Tomsi berharap, ULA dapat terus menciptakan beragam inovasi pelayanan, sehingga indeks kepuasan masyarakat terus bertambah. "Nilainya 92, berarti masih ada masyarakat yang merasakan kekurangan walaupun sedikit, apa sih kekurangannya? Itu harus dicari, kalau kita tidak mawas diri terus-menerus nanti akan semakin menurun," ujarnya.

Terkait dengan kualitas pelayanan masyarakat, kata Tomsi, beberapa hal yang perlu dicermati seperti kesadaran pentingnya untuk mempermudah, mempercepat, dan memperlancar layanan. Selain itu, dirinya juga menekankan kunci dari pelayanan adalah bekerja untuk kepentingan masyarakat luas dan diri sendiri.

"Setiap kita bekerja melayani, kita bekerja untuk kepentingan masyarakat, terpikirkan oleh kita bahwa bekerja yang nomor satu untuk diri kita sendiri, kita bekerja baik bukan untuk masyarakat itu, tetapi nomor satu untuk diri kita sendiri," tegasnya.

Karena itu, Tomsi menekankan perlunya terus meningkatkan kualitas pelayanan maupun Sumber Daya Manusia (SDM) secara berkelanjutan. “Apa pun masalahnya kita akan berupaya yang terbaik, kita akan memberikan yang terbaik karena kita menyadari bahwa pekerjaan yang kita lakukan merupakan bagian daripada kita melayani diri kita sendiri, mendapatkan reward dari Tuhan Yang Maha Esa," pungkasnya.

Sebagai informasi, acara ini dihadiri anggota Ombudsman RI Robert Na Endi Jaweng, Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Herda Helmijaya, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kemendagri Evan Nur Setya Hadi, Direktur Bisnis dan Pemanfaatan Aset PT Transjakarta Fadly Hasan, para pejabat tinggi pratama lingkup kementerian dan lembaga, dan para pejabat pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2521 seconds (0.1#10.140)