Konsistensi Koperasi Koerintji Barokah Merajut Asa Petani Kopi

Rabu, 21 September 2022 - 09:26 WIB
loading...
A A A
Keberhasilan Koperasi Koerintji Barokah Bersama dalam memasuki pasar ekspor tidak lepas dari peran lintas sektoral baik pemerintah, swasta dan LSM Rikolto. Selain pendampingan dan peningkatan kapasitas yang dilakukan oleh Rikolto, Koperasi Koerintji Barokah Bersama banyak mendapatkan bantuan fasilitas-fasilitas pengolahan dari Dinas Perkebunan Provinsi Jambi dan Bank Indonesia (BI).

baca juga: Diplomasi Kopi Bernilai Ekonomi

Dikutip dari Antara, pada Juni 2022 lalu, ekspor kopi Kerinci ke Belgia menjadi salah satu berita baik di tengah pandemi yang sedang melanda perekonomian Indonesia dan global saat ini.Ternyata, Koperasi Koerintji Barokah Bersama yang mengekspor 15,9 ton kopi Arabika Spesialti ke Belgia. Waktu itu, Pemerintah Provinsi Jambi dan Kementerian Pertanian RI melalui Badan Karantina Pertanian yang melepas secara simbolis ekspor perdana kopi Kerinci di Pelabuhan Talang Duku.

Konsistensi Koperasi Koerintji Barokah Merajut Asa Petani Kopi

Kepala Humas OJK Darmansyah bersama Pengurus Koperasi Korintji Barokah
berbincang santai seputar UMKM, ditoko Lily Cokelat, Padang, Sumatera Barat.

Sebanyak 290 karung kopi (15,9 ton) Arabika Spesialti dalam 5 varian proses ke ‘Sucafina Specialty’, perusahaan kopi berbasis di Antwerp, Belgia, yang menghubungkan kopi berkualitas dari organisasi petani dengan roaster di kawasan Asia Pasifik, Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

“Meskipun ekspor kali ini merupakan ekspor perdana yang dilakukan secara mandiri oleh Koperasi Koerintji Barokah, namun koperasi kami telah berhasil menjual kopi ke pasar internasional sejak 2017, yaitu sebanyak tiga kali ke Belgia, serta ke Amerika Serikat dan Hong Kong. Di tahun ini, selain ke Belgia, kami juga akan mengekspor kopi ke Australia,” kata Triyono.

baca juga: Baik Buruk Kopi untuk Kesehatan

Peluang ekspor kopi Kerinci juga didukung dengan adanya sertifikat Indikasi Geografis Kopi Arabika Sumatera Koerintji. Sertifikat ini membantu menjamin keaslian produk sehingga meningkatkan kepercayaan pembeli terutama yang berasal dari luar negeri.Pertama didirikan pada 2017, Koperasi Koerintji Barokah Bersama telah menjadi pemenang dalam Specialty Coffee Contest Indonesia serta dalam acara Jakarta Coffee Week.

Konsistensi Koperasi Koerintji Barokah Merajut Asa Petani Kopi


Saat ini, Koperasi Koerintji Barokah Bersama memiliki fasilitas yang lengkap untuk membuat kopi berkualitas baik, seperti tempat pengolahan untuk pengeringan kopi, gudang, mesin sortasi, sangrai kopi, lab mini untuk evaluasi kopi dengan mesin penyangrai mini dan lain-lain. “Produk unggulan kami Green Bean Arabika Specialty Natural dan Hazelnut Coffee with Cinnamon dan Durian,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4060 seconds (0.1#10.140)