Konsistensi Koperasi Koerintji Barokah Merajut Asa Petani Kopi

Rabu, 21 September 2022 - 09:26 WIB
loading...
A A A
Triyono juga menyampaikan, bahwa LSM Rikolto yang mendampingi Koperasi Koerintji Barokah, senantiasa mengembangkan kapasitas petani dalam budidaya pangan dengan memperkenalkan sistem pertanian yang ramah lingkungan, di antaranya melalui inisiatif Pembayaran Jasa Lingkungan atau Payment for Ecosystem Services (PES).

baca juga: Konsumsi Kopi Jadi Tren Masyarakat Urban

Program ini diterapkan di Jambi bersama dengan Koperasi Koerintji Barokah di mana Rikolto mengintegrasikan pengembangan budidaya kopi dengan upaya konservasi Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).Melalui program tersebut, Rikolto mengajak pihak pembeli untuk berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan pendukung budidaya kopi.

Konsistensi Koperasi Koerintji Barokah Merajut Asa Petani Kopi


Bagi organisasi petani, program ini dapat membantu meningkatkan kualitas perkebunan mereka dan menjadi nilai tambah dalam memenuhi standar kualitas pasar internasional.

Pada Oktober nanti, akan ada penanaman 600 bibit pohon hasil penggalangan dana dari Sucafina, yang akan berfungsi sebagai pohon naungan di perkebunan kopi Koperasi Koerintji Barokah. Hal ini merupakan wujud upaya baik Sucafina dalam menjaga kelestarian di lingkungan kebun kopi.
(hdr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)