Inilah Perbedaan Kejaksaan Negeri dan Kejaksaan Tinggi

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 15:01 WIB
loading...
Inilah Perbedaan Kejaksaan Negeri dan Kejaksaan Tinggi
Kejaksaan Negeri dan Kejaksaan Tinggi merupakan lembaga negara yang sama sama bergerak dalam bidang hukum. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kejaksaan Negeri dan Kejaksaan Tinggi merupakan lembaga negara yang sama sama bergerak dalam bidang hukum . Tak sedikit yang mengetahui perbedaan kedua lembaga tersebut.

Kejaksaan Negeri dan Kejaksaan Tinggi merupakan bukti bahwa Indonesia merupakan negara hukum dan disebut dengan lembaga Yudikatif bagian dari struktur lembaga negara sebelum dan sesudah amandemen UUD 1945.

Baca juga : Karpet Merah untuk Kejaksaan

Mengacu pada Undang-Undang No. 16 Tahun 2004 yang menggantikan UU No. 5 Tahun 1991 tentang Kejaksaan Republik Indonesia, Kejaksaan sebagai salah satu lembaga penegak hukum dituntut untuk lebih berperan dalam menegakkan supremasi hukum, perlindungan kepentingan umum, penegakan hak asasi manusia, serta pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Kejaksaan terbagi menjadi 3 yaitu :

- Kejaksaan Negeri
- Kejaksaan Tinggi
- Kejaksaan Agung

Lalu apa perbedaan Kejaksaan Negeri dan dan Kejaksaan Tinggi? berikut ulasannya seperti dilansir dari kejaksaan.go.id :

1. Wilayah

Kekuasaan Kejaksaan Negeri ada di bidang kehakiman atau lebih tepat pada penuntutan di pengadilan untuk wilayah Kabupaten atau Kota Madya.

Karena itu kasus hukum yang ditangani sesuai dengan wilayah dimana dia berada. Misal, Adanya Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dan Kejaksaan Negeri Jakarta Utara untuk Provinsi DKI Jakarta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)