Pengamat Intelijen Apresiasi Sikap Tegas dan Independen Kapolri Tangani Kasus Brigadir J

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 00:58 WIB
loading...
A A A
Keempat, Kapolri selalu menyampaikan bahwa pembuktian yang dilakukan untuk mencari kebenaran materiil atas suatu tindak pidana haruslah berdasar pada scientific Crime Investigation (Penyidikan Berbasis Ilmiah) sebagai upaya penguatan alat bukti dalam penanganan perkara pidana. Termasuk dalam kasus meninggalnya Brigadir J.

Empat langkah strategis Kapolri ini, menurut Simon, setidaknya mengakselerasi kinerja Polri sehingga mampu menemukan tersangka Bharada E serta melanjutkan pemeriksaan lanjutan terhadap Irjen Pol Ferdy Sambo. Kemajuan-kemajuan dalam pemeriksaan ini sulit tercapai tanpa langkah strategis yang diambil oleh Kapolri.



"Keempat langkah di atas, bagi saya jelas bahwa Kapolri ingin menunjukkan konsistensi kerja dengan penegakan prinsip-prinsip yang diatur dalam undang-undang. Termasuk dalam keterangan pers terakhir Kapolri menyatakan sudah memeriksa 25 anggota," kata Simon.

Menurutnya, komitmen seperti inilah yang dibutuhkan untuk membangun stabilitas keamanan di masa yang akan datang. "Kita optimis, sikap yang diambil oleh Kapolri dapat meningkatkan integritas dan independensi institusi."
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)