Tahun Ini, Jemaah Umrah Indonesia Tercatat 1,2 Juta Orang

Selasa, 30 April 2024 - 22:30 WIB
loading...
Tahun Ini, Jemaah Umrah Indonesia Tercatat 1,2 Juta Orang
Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Al Rabiah dalam konferensi pers usai bertemu Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Selasa (30/4/2024). FOTO/MPI/WIDYA MICHELLA
A A A
JAKARTA - Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Al Rabiah menegaskan pihaknya terus memberikan kemudahan bagi jemaah asal Indonesia. Hal itu ditunjukkan dengan sebanyak 1,2 juta jemaah Indonesia pergi ibadah umrah .

"Kami telah memberikan kemudahan proses pemvisaan jemaah umrah. Pada tahun ini sudah tercatat lebih dari 1,2 juta jemaah umrah Indonesia," kata Tawfiq F Al Rabiah usai bertemu Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Guna meningkatkan pelayanan, Arab Saudi juga tengah merevitalisasi situs sejarah dan keislaman di Madinah. Hal ini sebagai wujud dari Visi 2030 yang diluncurkan oleh Kementerian Haji dan Umrah. Targetnya jumlah jemaah umrah meningkat dari 8 juta menjadi 30 juta setiap tahun.



"Kami pemerintah Arab Saudi melakukan revitalisasi di situs-situs sejarah dan keislaman yang ada di Madinah. Dan situs-situs itu terkait dengan perjalanan hidup dari Nabi Muhammad SAW," kata Menteri Tawfiq.

Dengan demikian dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut mengunjungi situs-situs tersebut. "Kami mengimbau kepada seluruh jemaah untuk yang melakukan ziarah ke Kerajaan Arab Saudi untuk mengunjungi situs-situs tersebut karena terkait dengan perjalanan hidup nabi Muhammad SAW," katanya.

Pada kesempatan itu, Tawfiq mengaku senang dan bergembira bertemu Menteri Agama beserta jajarannya. Dirinya berdiskusi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah Indonesia.



"Hari ini saya melakukan pertemuan dan diskusi yang sangat produktif dan cukup panjang dengan saudara saya Menteri Agama Republik Indonesia yang semuanya bermuara untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan kemudahan untuk jemaah haji dan jemaah umrah Indonesia," katanya.

Nantinya Menteri Tawfiq juga akan melakukan pertemuan dengan para pemilik travel dan layanan bidang umrah Indonesia maupun Arab Saudi untuk memberikan kemudahan dan memastikan bahwa pelayanan akan diberikan secara paling bagus.

"Kami menyambut dan waktu dekat kedatangan jamaah haji Indonesia dan kami berharap para jemaah haji Indonesia berangkat saat di sana maupun kembali dalam keadaan sehat dan bisa melaksanakannya dengan baik," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)