Dunia Digital dan Pembentukan Pengetahuan Generasi Muda

Selasa, 12 Juli 2022 - 21:34 WIB
loading...
A A A
Dalam konteks ini, pustakawan dan perpustakaan dianggap sebagai pihak yang paling kompeten dan relevan, karena memiliki aset data dan pengetahuan serta memahami bagaimana teknologi bisa membantu meningkatkan aksesibilitas pengetahuan tersebut. Untuk itu, selayaknya perpustakaan mendapat dukungan dan sinergi antarlembaga pemerintah, swasta dan personal yang lebih kuat lagi dalam upaya mencapai tujuan besar, yakni membentuk pengetahuan sebagai khazanah intelektual dan bukti kemajuan peradaban sebuah bangsa.

Disrupsi dalam dunia digital dalam pengembangan pengetahuan generasi muda adalah sesuatu yang tak dapat dihindari. Namun demikian, penyediaan sumber belajar dalam berbagai media dan konten tetaplah menjadi sesuatu yang dapat dirancang dan disituasikan.

Sehingga, ketersediaan kurasi dan repositori pengetahuan terbuka yang dikelola secara kolaboratif antarlembaga dan profesi, memungkinkan generasi muda untuk terus mengembangkan pengetahuannya, mengasah kemampuan menalar dan dapat berpijak pada dasar etika keilmuan yang jelas.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)