Viral Ceramah Ustaz Yusuf Mansur Beli Barang Pakai Sholawat, Begini Fakta Sebenarnya

Minggu, 01 Mei 2022 - 19:32 WIB
loading...
Viral Ceramah Ustaz Yusuf Mansur Beli Barang Pakai Sholawat, Begini Fakta Sebenarnya
Ustaz Yusuf Mansur saat memberikan tausiyah pada acara Tausiyah dan Khataman Al-Quran bertajuk Cahaya Ramadan di Auditorium Gedung SINDO, Kamis (21/4/2022). Foto/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Potongan ceramah Ustaz Yusuf Mansur (UYM) tentang sholawat di mal viral di media sosial. Ucapan mengenai ‘tunjuk, ambil, pergi’ itu pun menuai kontroversi luas. Melalui akun instagram, UYM mengklarifikasi dan menunjukkan video versi utuh dari ceramahnya.

UYM menuturkan, istilah ‘tunjuk, ambil, pergi’ merupakan gaya biasa dalam ceramahnya. Istilah itu merupakan bahasa guyon atau jokes. Ceramah ini kalau dipotong, akan menjadi viral.

“Nih, ini potongan saya. Udah saya panjangin. Buat ngejawab soal viral. Yang kalo potongan viral mah emang disengaja buat "menaikkan" saya dan mengesankan "baik". Ga pa pa. Seru aja. Tapi silahkan rasakan bedanya setelah dipanjangi dikit. Apalagi berkenan liat video asli... Full. Utuh,” tuturnya, Minggu (1/5/2022).





Sebelumnya beredar potongan video ceramah UYM di media sosial. Dalam video tersebut pengasuh Pondok Pesantren Darul Qur’an ini mengatakan dirinya sering sholawat di mal.

"Saya itu sering sholawat di mal. Dengan satu doa, barang-barang di mal yang saya tunjuk gak ada yang saya bayar!. Pokoknya tunjuk, ambil, pergi," kata UYM dalam video yang beredar.

Potongan ceramah itu kontan mengundang kritik hingga suara sumbang dari warganet. Tidak sedikit yang mengecam pernyataan tersebut. Benarkah UYM tidak pernah membeli barang di mal dengan uang?

Faktanya, tidak demikian.

Dalam video utuh yang diunggah di Instagram, ucapan ‘tunjuk, ambil, pergi’ hanya kiasan pengantar. UYM menegaskan, menunjuk barang, mengambil lantas pergi mesti disertai selawat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)