Komisioner KPU - Bawaslu Baru Diharapkan Punya Inovasi tentang Pemilu

Kamis, 17 Februari 2022 - 23:15 WIB
loading...
A A A
Tetapi lanjut Kharis, netralitas dan integritas penyelenggara pemilu harus menjadi poin dasar dan fundamental yang selalu dikedepankan.

Dikatakan Kharis, komisoner KPU dan Bawaslu harus diiringi dengan semangat inovasi bagi kepemiluan. Masyarakat tentu sangat berharap komisoner baru memiliki kebijakan yang inovatif dalam sistem atau teknis kepemiluan.

Menurut Kharis, komisoner KPU dan Bawaslu perlu memperhatikan keberagaman yang ada di Indonesia, sehingga mampu membuat treatment pada persoalan kepemiluan dengan pendekatan humanis.

"Masyarakat dan Non-Governmental Organization (NGO) kepemiluan juga wajib mengingatkan komisoner pemilu, jika apa yang dikerjakan keluar dari komitmen atau jawaban presentasi saat fit and proper test," ujarnya.

Dikatakannya, sangat penting nantinya komisoner yang baru terpilih memikirkan padatnya tahun 2024 dengan agenda dan tahun politik. Banyaknya korban pada Pemilu 2019 juga harus dipikirkan. Apalagi kata dia, tahun 2024 akan ada pilkada serentak setelah pilpres dan pileg.

"Profesionalitas komisioner terpilih juga harus diuji, mengingat akan adanya tarik menarik kepentingan politik dan banyaknya godaan politik yang bisa menjerumuskan," tutupnya.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)