Polemik Pencairan JHT, Begini Aturan di Berbagai Negara

Senin, 14 Februari 2022 - 14:33 WIB
loading...
A A A
Polemik Pencairan JHT, Begini Aturan di Berbagai Negara

Foto/ilustrasi.ist

Usia untuk pensiun di negara ini adalah 66 tahun. Warga negara Inggris dapat mengklaim dana pensiun di luar negeri apabila telah membayar Asuransi Nasional Inggris. Seseorang yang mengajukan dana pensiun harus berada dalam waktu 4 bulan dari usia pensiun dengan menghubungi International Pension Centre.

Bila sudah setengah tahun di luar negeri, warga Inggris harus memilih di negara mana dana pensiun akan dibayarkan. Inggris tidak memperkenankan pembayaran pensiun di satu negara pada sebagian tahun dan di negara lain untuk sisa tahunnya. Dana pensiun dibayarkan dengan mata uang lokal melalui bank di negara tempat tinggal atau bank pembangunan di Inggris.

Seseorang yang mencairkan dana pensiun dapat memilih untuk dibayar pada minggu ke-4 atau minggu ke-13. Apabila dana pensiun di bawah 5 poundsterling per minggu, pembayaran dilakukan setahun sekali pada bulan Desember.

3. Uni Eropa, Islandia, Liechtenstein, Norwegia

Polemik Pencairan JHT, Begini Aturan di Berbagai Negara

Foto/dok.Okezone

Usia pensiun di Islandia adalah 66 tahun, di Liechtenstein adalah 65 tahun, dan di Norwegia 67 tahun. Asal seseorang (warganya) telah diasuransikan setidaknya selama setahun, maka setiap negara ini akan membayar dana pensiun hari tua ketika mencapai usia tersebut. Misalnya seseorang pernah bekerja di tiga negara, maka dia akan mendapatkan tiga pensiun hari tua yang terpisah.

Dana pensiun tersebut akan dihitung sesuai dengan catatan di setiap negara. Jumlah yang diterima terima dari disesuaikan dengan lamanya pertanggungan jaminan sosial di masing-masing negara.

(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2089 seconds (0.1#10.140)